Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Tomohon

Kebocoran Dana APBD Tomohon 2007 Sebesar Rp 46 Miliar

Redaksi Manado Today   |   22 Maret 2011 – 20:13 WITA

Sidang ke-11 Epe di Pengadilan Tipikor
Jakarta Today—Sidang lanjutan dugaan korupsi Walikota Tomohon non aktif Jefferson SM Rumajar SE digelar Selasa (22/3) di Pengadilan Tipikor Jakarta. Sidang yang menghadirkan 12 saksi dari terdakwa tersebut sangat menghebohkan.

JSMR alias Epe saat diwawancarai di Pengadilan Tipikor Selasa (22/03/2011)

JSMR alias Epe saat diwawancarai di Pengadilan Tipikor Selasa (22/03/2011)

Terutama saat Glen Siwu, mantan Akuntansi Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) yang saat ini telah berubah menjadi Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) memberikan kesaksian.
Pegawai Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang pernah diperbantukan di Pemkot Tomohon ini mengungkap kebocoran dana sebesar Rp 46 Miliar di tahun 2007.
Kebocoran antara lain terjadi di Sekretariat Daerah sebesar Rp 32 Miliar, BPKAD 2,9 Miliar serta di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sekitar Rp 600 juta.
Untuk mengelabui kebocoran tersebut, sesuai pengakuan Siwu, secara diam-diam tiga SKPD yang dimotori Sekkot diduga membuat SPJ fiktif.
Menariknya, Siwu yang mengetahui persis kebocoran tersebut ditawarkan oleh JPM jabatan eselon II plus satu unit kendaraan pribadi.
Sidang yang sebenarnya menghadirkan 12 saksi, akhirnya baru enam yang memberikan kesaksian. Enam lainnya nanti sidang lanjutan Selasa pekan depan. Selain Siwu, yang turut memberikan kesaksian adalah Robert Pelealu, Aisah Likawa, Sherly Golioth serta dua mantan ajudan Rumajar.
Walikota Tomohon non aktif Jefferson SM Rumajar SE saat dimintai tanggapan usai sidang mengatakan, kebenaran mulai terungkap. ‘’Ya, banyak yang dituduhkan kepada saya yang tidak saya buat. Banyak yang dilakukan oleh bawahan, namun dituduhkan kepada saya,’’ tukasnya. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading