Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Kecamatan Madidir Bitung Endemic Malaria

Aldy Monareh   |   26 April 2012 – 08:35 WITA

Tumbol : Penderita Malaria Jangan Gunakan Kloroqueen

BITUNG, (manadotoday.com) – Dari penelitian yang dilakukan oleh Persatuan Karya Dharma Kesehatan Indonesia (PERDHAKI) Regional Sulawesi Utara dan Tengah (Sulutteng), Kecamatan Madidir Bitung, merupakan daerah endemic Malaria.
”Dari data yang ada Kecamatan Madidir lebih khusus Kelurahan Wangurer, Wangurer Timur, Barat dan Utara adalah daerah endemic Malaria, dimana daerah tersebut terdapat banyak genangan air keruh yang tidak mengalir,” terang Nico Tumbol, Program Manager PERDHAKI Sulutteng  yang khusus menangani penyakit Malaria bekerjasama dengan Global Fund.Lanjut dia, guna menuju Indonesia yang bebas (Eliminasi) Penyakit Malaria pada Tahun 2030 mendatang, berbagai upaya dan program telah dilakukan oleh PERDHAKI indonesia dalam mengantisipasi salah satu penyakit paling mematikan di dunia ini. Diantaranya penyuluhan dan pemberian Kelambu bagi warga masyarakat yang tentunya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota.
”Karena itu kepada masyarakat jangan menganggap remeh penyakit Malaria yang ditularkan okeh Nyamuk. Apalagi 70 persen penyakit dari penelitian ditukarkan oleh nyamuk,” ungkap Tumbol.
Disisi lain kata Tumbol, bagi mereka yang menderita penyakit Malaria disarankan agar tidak menggunakan Obat Malaria seperti Kloroqueen yang sebelumnya biasa digunakan, sebab saat ini obat yang digunakan untuk menangkal penyakit Malaria adalah Artemisinin Combination Therapies (ACT).
”Kina juga sebenarnya tidak digunakan kecuali dengan resep dokter. Karena jika menggunakan kedua obat ini virus Malaria tetap mendekam dalam tubuh, karena virus Malaria telah kebal dengan kedua obat tersebut,” ungkap Tumbol.
Langkah antisipasi yang harus dilakukan guna memberantas penyakit ini adalah pola hidup sehat dengan bersih-bersih lingkungan, jangan biarkan air tergenang, dan gunakan Kelambu disaat tidur meskipun tidak dalam keadaan menederita Sakit Malaria.
”Dan selang lima tahun kedepan PERDHAKI akan melakukan tugas memberantas Malaria di Kota Bitung hingga tuntas,” pungkasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading