Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Kecamatan Maesa Tertinggi Jumlah Anak Putus Sekolah

Aldy Monareh   |   27 Januari 2012 – 23:17 WITA

Faktor Ekonomi Penyebab Tingginya Angka Anak Putus Sekolah
Bitung, (manadotoday.com) – Dari delapan kecamatan yang tersebar di Kota Bitung, Kecamatan Maesa merupakan tertinggi anak usia sekolah yang tidak lagi mengenyam pendidikan, yakni 302 orang, meliputi SD 147 orang, SMP 94 orang, sementara SMA 61 orang.
“Sementara peringkat dua tertinggi adalah Kecamatan Girian meliputi SD 113 orang, SMP 70 orang, dan SMA 102. Kemudian menyusul Kecamatan Aertembaga meliputi SD 91 orang, SMP 66 orang dan SMA 41 orang, Kecamatan Matuari SD 53, SMP 44, dan SMA 20, Kecamatan Rabowulu 82, SMP 29, SMA 19, Kecamatan Madidir SD 34. SMP 58, SMA 72,” terang Kepala Dinas pendidikan pemuda dan Olah Raga Kota Bitung Herman Rompis.
Ironisnya kata Rompis, Dua kecamatan di pulau Lembeh yang merupakan kecamatan dengan letak geografis yang sulit dijangkau serta relative besar angka keluarga miskin dan sering mengeluhkan kurang memadai sarana dan prasarana pendidikan, justru memiliki anak usia sekolah putus sekolah relatif lebih sedikit.
“Kecamatan Lembeh Utara SD 35, SMP16, SMA 21, Kecamatan Lembeh Selatan SD 50, SMP 32 dan SMA 35 orang anak,” ujarnya.
Sementara dari data yang berhasil dihimpun, tercatat masalah ekonomi merupakamn masalah  paling dominan penyebab anak putus sekolah disamping masalah lain seperti pengaruh lingkungan. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading