Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Kecamatan Pemekaran di Manado Diresmikan 17 Agustus

Aldi Mawitjere   |   10 Agustus 2012 – 21:32 WITA
vicky lumentut

Walikota Manado, Vicky Lumentut

MANADO, (manadotoday.com) – Setelah melalui kajian dan mendapat persetujuan Gubernur Sulut serta direstui Menteri Dalam Negeri, rencananya kecamatan pemekaran di Manado akan diresmikan 17 Agustus mendatang, bertepatan dengan HUT Proklamasi RI ke-  67.

“Sudah dibahas di Kementrian dan asisten satu yang telah ditugaskan telah menjemut surat persetujuan dari Mendagri,”terang walikota Manado, Vicky Lumentut.

Nantinya, kata Lumentut, restu Kementrian akan diterbitkan dalam bentuk surat persetujuan. Ketika surat persetujuan terbit akan ditindaklanjuti dengan peresmian kecamatan baru yang direncanakan akan dilangsungkan pada 17 Agustus sebagai momen perayaan Hut Kemerdekaan RI.

“Pada intinya pemekaran dua kecamatan tersebut mengaju pada program priotas jangka menengah dan rencana strategi Kota Manado. Namun hal itu juga sebagai jawaban akan aspirasi masyarakat agar pelayanan pemerintah lebih didekatkan mengingat laju pertumbuhan ekonomi Manado begitu tinggi dan penduduk pun sudah semakin padat,”terang GSVL.

Untuk diketahui masyarakat Manado, lanjut Walikota pilihan warga Manado ini, pemekaran dilakukan khusus bagi pulau Bunaken, Manado Tua dan Siladen karena kendalanya begitu kompleks. Seperti, mendapatkan pelayanan adminstrasi harus melalui laut yang kondisi laut tidak menentu apalagi sarana transportasi menuju ke daratan harus melihat kondisi cuaca.

“Nah ini tujuan Pemkot Manado. Termasuk percepat berdemokrasi, tingkat koordinasi keamaanan yang pada ujungnya peran masyarakat dan pemerintah dalam pembangunan bisa terlihat nyata,”jelas GSVL.

Dijelaskan juga, dalam proses pemekaran wilayah, ada syarat fisik seperti, wilayahnya, luasnya, jumlah penduduk, aktifitas perekonomian dan lainya.

“Tapi kedua kecamatan tersebut yang akan dimekarkan, tiga kepulauan direncanakan menjadi kecamatan Bunaken (kepulauan) dan didarat menjadi kecamatan Molas. Sementara kecamatan Tikala akan dimekarkan dan direncanakan ketambahan kecamatan Pall Dua. Rencana itu telah memenuhi syarat administratif hingga mendapat persetujuan baik dari tingkat Provinsi dan pusat,”beber GSVL.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading