Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Kecamatan Singkil Gelar Sosialisasi Adipura

Aldi Mawitjere   |   17 Oktober 2011 – 23:15 WITA

Manadotoday.com, Manado – Senin (17/10/2011) bertempat di Kelurahan Kombos Barat Pemerintah Kota Manado dalam hal ini Dinas Kebersihan serta Badan Lingkungan Hidup menggelar sosialisasi di Kecamatan Singkil yang diikuti oleh tokoh-tokoh Agama, LSM, LPM serta lurah hingga kepala lingkungan.

“Kota Manado kini sudah masuk penilaian kategori Kota besar dengan demikian, tidak ada lagi yang namanya lokasi khusus (lokus) penilaian. Jadi secara tidak langsung tantangan untuk meraih penghargaan di bidang kebersihan lingkungan tersebut sangat-sangat besar. Namun dengan terus mensosialisasikan kepada masyarakat kita budaya hidup bersih apapun tatangan pasti akan kita raih,” jelas Camat Tuminting Herry Saptono kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya usai pelaksanaan sosialisasi adipura.

Lanjut dikatakan mantan Camat Bunaken ini, kedepan pihaknya akan melaksanakan semua hal-hal yang menjadi saran BLH. Dimana pertama, sampah harus dipilah untuk menekan produk sampah yang dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Kedua kualitas udara, yang menjadi salah satu penilaian diharuskan untuk ditanami pohon lahan-lahan yang gersang dengan kata lain dijadikan rindang. Sedangkan ketiga kualitas air dalam hal ini sungai diharapkan tidak akan ada lagi warga yang membuang sampah disungai.

“Semua hal-hal yang disarankan BLH guna mengejar target Adipura kita akan upayakan untuk dilaksanakan. Penghijauan pastinya kita sudah dan akan terus kita lakukan, khusus untuk sungai memang masih ada warga yang membuang sampah. Namun langkah yang akan kita lakukan yakni penyediaan bak sampah agar warga yang jauh dari TPS dapat membuang sampah di tempat tesebut, nantinya Pala (kepala lingkungan_red) akan menjemputnya,” ungkap Saptono.

Sementara itu terkait masih adanya WC gantung pihaknya telah menginstruksikan melalui Lurah untuk ditertibkan atau dibongkar.

“Sungai sangat erat dengan sanitasi lingkungan. Jadi kedepan akan kita akan memprogramkan pengadaan MCK sebagai upaya alternatif pemerintah,” kata birokrat yang sempat mendapatkan penghargaan camat terbaik dari Presiden SBY tersebut. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading