Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Tomohon

Kecil, Potensi Awan Panas di Letusan Lokon

Redaksi Manado Today   |   23 Februari 2011 – 12:14 WITA
Aktivitas Gunung Lokon yang Mengeluarkan Debu dan Asap

Aktivitas Gunung Lokon yang Mengeluarkan Debu dan Asap

Tomohon Today–Adanya ketakutan munculnya awan panas jika Gunung Lokon meletus diluruskan Kepala Pos Farid Ruskandabina, Kepala Pos Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Gunung Lokon dan Mahawu. Menurutnya, potensi awan panas jika Gunung Lokon meletus sangat kecil bahkan boleh dikatakan tidak ada.
”Berbeda dengan Gunung Merapi yang kepundannya ada di puncak. Jika meletus, awan panas dengan cepat turun. Tapi untuk Gunung Lokon karena kepundannya di lereng, begitu meletus, debunya ke atas jadi begitu turun sudah dingin,” jelas Farid.
Sebelumnya, saat Gunung Lokon meletus vreatik, warga sempat mengkhawatirkan munculnya awan panas seperti yang terjadi di Gunung Merapi.
Dalam beberapa hari ini, lanjut Farid, akan dilihat perkembangan selanjutnya apakah masih berpotensi terjadi letusan atau tidak. ”Letusan Vreatik memang bisa terjadi sewaktu-waktu,” tukasnya seraya menambahkan status gunung tertinggi di Tomohon tersebut belum meningkat dari waspada. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading