Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Kejar Adipura, GSVL-Ai Warning Kinerja Pala

Aldi Mawitjere   |   28 September 2011 – 19:53 WITA
adipura

Kinerja Pala dalam menjaga kebersihan lingkungan sangat vital untuk mempertahankan Adipura

Manado Today – Untuk mengejar target Adipura, Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH Msi DEA dan Wakil Walikota Harley AB Mangindaan SE MSM, telah mewarning semua aparat pemerintahan di Kota Manado, secara bersama-sama menjaga agar lingkungan tetap bersih dari sampah. Bahkan Walikota dengan sebutan akrab GSVL ini menegaskan kepada kepala-kepala Lingkungan (Pala) untuk menjadi yang terdepan dalam menjaga kebersihan di lingkungan.

“Kebersihan lingkungan bukan hanya tugas Dinas Kebersihan dan Badan Lingkungan Hidup, namun harus menjadi tugas bersama. Pala harus menjadi terdepan memantau kebersihan di lingkungannya masing-masing. Makanya, dengan insentif Rp 2 juta per-bulan diharapkan bisa memotifasi kinerja para Pala.” tegasnya.

Dijelaskan Lumentut, terkait dengan Manado akan menghadapi penilaian Adipura untuk kategori kota besar, Pala bertanggung jawab akan kebersihan diwilayahnya masing-masing. Sebagaimana disampaikan dalam sosialisasi ada ketambahan dua media untuk dinilai, media air dan udara dalam penilaian selain sampah, RPH, dan saluran air.

“Untuk itu, saya mohon perhatian sungguh-sungguh karena bulan Oktober akan diadakan penilaian. Kalau di penilaian bulan Oktober kita memenuhi ambang nilai minimal maka kita diverifikasi, ada peluang untuk memperoleh Adipura. Tapi kalau bulan Oktober kita sudah tidak memenuhi ambang nilai minimal, kita tidak usah berharap lagi. Ini tantangan baru bagi kita, karena kita akan main di kota besar,”jelas GSVL.

Lebih lanjut dikatakan orang nomor satu di Kota Manado ini, selain Dinas Kebersihan telah melakukan pembersihan, para kepala wilayah juga sebaiknya turun di sungai dan dilihat di mana yang buang sampah langsung ke sungai serta kotoran-kotoran yang tentunya sangat mengganggu.

“Jika ditemukan, tolong diingatkan kepada mereka. Jangan hanya ditemukan tapi tidak menyelesaikan. Karena ini media yang akan dinilai,”harap Lumentut.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading