Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung, Hukum dan Kriminal

Kejari Bitung Limpahkan Kasus Kadistaru ke Pengadilan

Staff Manado Today   |   28 Juni 2011 – 11:22 WITA

Bitung Today – Setelah masa tahanan tahap kedua berakhir pada 26 Juni 2011, kasus dugaan korupsi Retribusi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) Peti Kemas Pelabuhan Bitung, senilai Rp 483 Juta, yang diduga dilakukan Kepala Dinas Tata Ruang (Kadsitaru) Bitung HS Alias Ade, dilimpahkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bitung ke Pengadilan Negeri (PN).

”Kemarin (27/06/2011) berkas perkara Ade telah dilimpahkan ke PN bITUNG,” ungkap Kasie Intel Kejari Bitung Wahyudin SH.

Dijelaskan Wahyudin, pelimpahan kasus tersebut, seluruh barang bukti berupa dokumen, serta surat-surat yang terkait dalam perkara tersebut seperti kuitansi, setoran dan surat tagihan serta surat jawaban dari PT Pelindo telah diserahkan ke PN Bitung.

”Seluruh dokumen yang terkait dalam perkara tersebut sudah diserahkan ke PN,” jelasnya.

Sementara terkait permohonan perpanjangan tahanan, setelah masa tahanan habis telah diserahkan ke pengadilan, karena perpanjangan merupakan kewenangan majelis hakim.

”Perpanjangan masa tahanan rutan setelah masa tahanan habis, selama 30 hari dari 27 Juni hingga 27 Juli,” terangnya

Wahyudin menegaskan bahwa berdasarkan UU Nomor 31 Tahun 2009 pasal 4, yang diubah ke UU Nomor 20 Tahun 2011, tentang tindak pidana pemberantasan korupsi, maka pengembalian kerugian Negara, tidak akan menghapuskan pidana terhadap tindakan pelaku, menyusul pemberitaan disejumlah media bahwa Ade tidak melakukan reduksi (pengurangan), serta rencana pihak Ade yang akan meminta kembali ke Pelindo sisa tagiahan.

”Proses hukum akan tetap jalan, meski ada pengembalian uang,” ujar Wahyudin.

Untuk itu Wahyudin mengingatkan, bahwa siap pemegang jabatan bertanggung jawab terhadap kebijakan yang ia keluarkan. Karena korupsi bukan hanya menguntungkan pelaku akan tetapi juga dapat dikatakan korupsi apabilah menguntungkan perusahaan atau korporasi lainnya.

”Oleh karena itu setiap pejabat jangan hanya menerima tunjangan jabatan dan fasilitas tanpa mempertanggung jawabkan jabatan yang diemban,” pungkasnya.

Seperti diketahui Kepala Dinas Tata Ruang Kota Bitung HS alias Ade, ditetapkan sebagai tersangka terkait retribusi IMB Terminal Peti Kemas, Pelabuhan Bitung. Karena adanya dugaan pengurangan piutang (reduksi) terhadap kewajiban pembayaran retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) PT Pelindo Bitung dari Rp 973.681.000, namun PT Pelindo hanya membayar Rp 500 juta kepada Pemerintah Kota Bitung, Akibatnya Pemkot Bitung dirugikan Rp 483.681.000. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading