Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Hukum dan Kriminal, Manado

Kejari Manado Dalami Dugaan Korupsi BSM tahun 2009

Aldi Mawitjere   |   28 November 2011 – 22:40 WITA
Kejari Manado

Tim Kejari di ruang kerja bagian keuangan Pemkot Manado

Manado, MTC —Kasus dugaan penyalagunaan penyaluran dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) tahun 2009, khususnya pencairan triwulan ke-IV terus di dalami tim Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Manado. Buktinya, Senin (28/11/2011) siang hingga menjelang sore tadi, tim Kejari yang berjumlah delapan orang tersebut mengobrak-abrik ruang kerja bagian keuangan Pemkot Manado, mencari data-data terkait penyidikan dugaan korupsi BSM tahun 2009.
Kasie Pidsus Kejari Manado, Hotma Hutajulu SH menyatakan, pengeledahan dilakukan dalam rangka hubungan penyidikan terkait dugaan penyalagunaan penyeluran dana bantuan siswa miskin tahun 2009, khususnya triwulan IV.
“Jadi dugaan penyimpangan itu sekitar Rp1,125 miliar. Modusnya, dana yang sudah dicairkan oleh Pemkot namun Diknas Manado tidak menyalurkan ke sekolah-sekolah penerima yang selanjutnya disalurkan ke siswa-siswa tidak mampu,”terang Hutajulu.
Menariknya, pengeledahan yang dilakukan oleh tim kejari tesebut sempat terjadi miskomunikasi dengan kabag keuangan.
“Saya sudah sampaikan ke Kabag Keuangan ada miskomunikasi beliau dengan kejaksanaan. Walaupun tidak ada keharusan juga memimta ijin karena kita bekerja sesuai dengan surat perintah. Tapi sebelum ke ruangan keuangan ini kita sudah ke Sekkot untuk ijin terkait dengan dugaan kasus ini. Dan itu sudah tidak ada masalah,”terangnya.
Disinggung apakah sudah ada tersangka dalam kasus ini, Hutajulu mengakui ada 1 tersangka, namun untuk kepentingan penyidikan belum bisa publikasikan nama tersangka.
“Tersangka itu saya rasa tidak penting untuk disebutkan karena ini akan berkembang terus. Nanti akan dipublikasikan agar akan tahu arahnya kemana. Tapi yang jelas tersangka oknum pejabat di Diknas Manado. Dan saat ini masih tahap penyidikan,”kuncinya.
Seperti dikatahui pantauan manadotoday, sekitar pukul 11.30 Wita, tim Kejari Manado ke ruang Plt Sekkot Manado, Drs Arnold Kewas, kemudian 5 menit kemudian Kasie Pidsus Hotma Hutajulu bersama penyidik lainnya, yakni Claudia Lakoy SH, Rilke Jendri Palar SH, Alexander Sulung SH berlanjut ke ruang Kabag Keuangan dengan didampingi Asisten III, Dra Henny Geru. Alhasil, beberapa berkas SP2D, dan SPM terkait dengan dugaan kasus tersebut ikut diperiksa dan disita.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading