Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Tomohon

Kekurangan Bahan Baku Hantui Industri Rumah Panggung Woloan

Ardi Kalumata   |   24 Januari 2012 – 01:02 WITA
woloan

rumah karya Desa Woloan

Tomohon, (manadotoday)—Industri Rumah Panggung Woloan Kecamatan Tomohin Barat saat ini sudah terkenal di hampir semua daerah di Indonesia. Bukan itu saja, industry rumah panggung yang dikerjakan oleh warga Woloan tersebut sudah terkenal juga di mancanegara.
Sejumlah negara telah banyak yang menggunakan rumah panggung tersebut. Argentina, Jepang, Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Kores Selatan, Singapura, Malaysia serta negara Eropa menjadi daerah tujuan ekspor Rumah Panggung Woloan.
Hanya saja, saat ini para pengusaha dihantui dengan kurangnya bahan baku berupa kayu.
‘’Kami saat ini diuperhadapkan dengan kurangnya bahan baku. Kalau di daerah sini, ketersediaan kayu sudah menipis bahkan hampir tak ada lagi. Jadi, harus mendatangkan bahan baku dari daerah lain,’’ ungkap sejumlah pengusaha rumah panggung.
Mereka berharap pemerintah untuk memperhatikan masalah ini. Sebab, jika tidak ada bahan baku, usaha ini terancam gulung tikar. Padahal, ada ratusan bahkan ribuan warga yang menggantungkan kehidupannya pada usaha ini. Selain itu, industry Rumah Panggung Woloan sudah menjadi salah satu ikon Kota Tomohon. Wisatawan yang datang ke Tomohon, rasanya tidak lengkap jika tak mengunjungi lokasi industry Rumah Panggung Woloan. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading