Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Kelangkaan BBM Disebabkan ‘Panic Buying’

Staff Manado Today   |   7 Mei 2011 – 18:50 WITA

Manado Today – Pihak Pertamina mengakui penyebab kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) di Kota Manado dan sekitarnya, merupakan akibat ‘Panic Buying’ warga, sehingga BBM khususnya jenis premium dalam beberapa hari terakhir mengalami kelangkaan.“Masyarakat panik akhirnya ada yang melakukan pembelian dalam jumlah lebih banyak dari biasanya, terlihat serapan premium stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) mengalami peningkatan kurang lebih 40 kiloliter (Kl) per hari sehingga total alokasi harian bertambah menjadi sekitar 720 Kl per hari,” kata Sales Area Manager BBM Retail Pertamina Manado, Irwansyah di Manado, Sabtu.

Irwansyah mengatakan, pembelian berlebih oleh masyarakat tidak bisa disalahkan begitu saja, karena ada diantaranya yang membawa surat keterangan bahwa pembelian premium untuk kepentingan penerangan gereja dan genset rumah tangga.

“Listrik di Manado masih sering padam, karena itu banyak warga yang membeli genset berbahan bakar premium, sepanjang ada surat keterangan maka SPBU bisa menjual,” kata Irwansyah.

Yang justru jadi masalah bagi Pertamina hingga sekarang, yakni pembelian oleh pengecer yang jumlahnya semakin banyak tersebar baik di perkotaan hingga pedesaan.

“Pertamina sulit memantau pembelian oleh para pengecer BBM, yang bisa menertibkan yakni pemerintah daerah,” kata Irwansyah.

Pengecer BBM yang banyak tersebar baik di kota hingga pedesaan menjual premium jauh kepada para pengendara angkutan baik roda empat maupun roda dua lebih murah.

“Keberadaan para pengecer ini menyerap stok premium SPBU cukup besar, dan ini merupakan domainnya pemerintah daerah setempat, bukan lagi Pertamina,” kata Irwansyah.

Pertamian tidak mungkin menambah alokasi jauh melebihi pagu alokasi pemerintah, karena ini akan membenani anggaran untuk subsidi, sementara menambah dalam jumlah sedikit mengakibatkan stok SPBU cepat habis.

Kelangkaan BBM di Kota Manado dari hari ke hari semakin para, stok SPBU habis dalam tempo singkat, akibatnya kendaraan harus berkeliling di sejumlah SPBU guna mendapatkan pasokan, dampaknya antrean kendaraan terjadi di hampir semua SPBU yang masih ada stok premium. (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading