Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Kelapa dan Hasil Laut Andalan Sulut 2012

Redaksi Manado Today   |   25 Februari 2011 – 23:20 WITA

Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan memfokuskan pengembangan industri kelapa dan hasil laut pada tahun 2012 guna mendorong daerah ini menuju pintu gerbang Asia Pasifik.  “Industri kelapa dan hasil laut akan terus dikembangkan agar diperoleh nilai tambah lebih besar dalam menyongsong Sulut sebagai pintu gerbang di Asia Pasifik,” kata Wakil Gubernur Sulut, Djauhari Kansil ketika membuka Rapat Koordinasi Disperindag Provinsi dan Kabupaten/Kota di Manado, Jumat (25/02/2011).
Djauhari mengatakan, guna mencapai sasaran program yang dituju, maka Disperindag kabupaten/kota, agar meningkatkan koordinasi dengan Disperindag Provinsi agar tercapai harmonisasi dan koordinasi yang lebih baik.
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut (Disperindag), Sanny Parengkuan mengatakan, industri kelapa dan hasil laut menjadi fokus dikembangkan karena kedua komoditas tersebut memberi manfaat yang paling besar bagi perekonomian masyarakat.
“Kedua komoditas tersebut masih berpeluang dikembangkan, karena itu akan didorong pada tahun 2012 sehingga dihasilkan bukan hanya bahan baku tetapi barang jadi,” kata Sanny.
Sanny berharap, melalui rapat koordinasi ini maka program dapat disenergikan dengan instansi terkait di kabupaten/kota sehingga progam prioritas dapat sukses dilaksanakan.
Pakar perikanan dan pertanian dari Universitas Sam Ratulangi Manado, Prof Dr Charles Keppel dalam paparannya mengatakan, ada beberapa alternatif pengembangan industri kelapa dan hasil laut yang mampu hasilkan nilai tambah tinggi bagi masyarakat.
“Diantaranya yang masih berpeluang dikembangkan adalah industri pengeringan, pengasapan dan industri pengolahan pengawetan,” kata Keppel.
Dia mencontohkan produk ikan, sebenarnya semua bagian ikan mulai dari daging, tulang, teripang dan lainnya punya nilai ekonomis tinggi bila dikembangkan dengan sentuhan teknologi.
“Pemanfaatan produk perikanan sehingga tidak ada yang terbuang percuma, harus menjadi salah satu yang perlu mendapat perhatian disperindag dalam program di tahun mendatang,” kata Charles. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading