Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Minahasa Selatan

Keluar Daerah, Paruntu Disinyalir Alih Fungsikan Tugas ke Sekkab

Staff Manado Today   |   21 Juni 2011 – 14:31 WITA
bupati minsel

Bupati Minsel, Christiany E Paruntu

Amurang Today – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany E Paruntu yang sementara mengikuti pelatihan kepemimpinan yang dilaksanakan oleh depertemen dalam negeri (Depdagri), disinyalir mengalih fungsikan tugasnya kepada Sekkab Drs MC Kairupan. Padahal seharusnya, tugas tersebut diserahkan kepada Wakil Bupati Drs Sonny Tandayu.

Menanggapi isu tersebut, Tonny Lumenta SH salah satu pemerhati Pemkab Minsel, angkat bicara. Menurtnya, ini telah melanggar aturan yang ada, seperti dalam UU 12 tahun 2008 pasal 26 ayat I menjelaskan tanggung jawab wakil bupati dalam poin G yakni menjelaskan bahwa dalam melaksanakan tugas dan wewenang kepala daerah,apabila Bupati berhalangan tanggung jawab sepenuhnya harus di ambil alih oleh Wakil Bupati.

Lanjutnya mengatakan, kebijakan yang diambil Bupati Sudah melanggar aturan ini, sambil meminta agar Bupati secepatnya memperbaikinya.

“Seharusnya kalau bupati berhalangan,tugas dan tanggung jawab harus di ambil alih oleh wakil bupati, bukan di ambil alih oleh Sekdakab” jelas Lumenta.

Ditambahkan Lumenta, seharusnya juga pemerintah terlebih dulu yang menerapkan bagaimana undang-undang serta aturan yang berlaku, sehingga masyarakat bisa memahami.

“ Saat ini yang dilakukan oleh pemerintah sudah melanggar aturan. Wakil bupati adalah pilihan rakyat, dan pejabat yang lain hanya berdasarkan SK,” ujarnya.

Sementara itu Plt Kabag humas dan protokoler Minsel Alvons Sumenge SSTP yang dikonfirmasi manadotoday, terkait dengan adanya isu tersebut langsung membantahnya. Menurutnya, kalau sampai saat ini bupati dan wakil, beserta Sekdakab terus berkoordinasi.

“Walaupun bupati berada di Jakarta tapi dia masih tetap bupati dan semua kebijakan harus melaluinya, dan mereka baik-baik saja,” tandas Sumenge. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading