Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pendidikan

Kemajuan Teknologi Membuat Anak Kurang Bergerak

Redaksi Manado Today   |   22 Mei 2011 – 14:03 WITA

Manado Today – Kemajuan teknologi saat ini, seperti internet yang bisa diakses semua kalangan termasuk anak, berdampak pada gaya serta pola hidup anak-anak, yang membuat mereka jadi kurang bergerak, sehingga kebugaran dan ketahanan fisik mereka menjadi lemah.

Pemerhati masalah perempuan dan keluarga, Juliana Langowuyo menjelaskan, adanya kecenderungan kebiasaan sebagian anak pada dewasa ini yang sering mengakses internet maupun mengikuti perkembangan teknologi lainnya, membuatnya sulit meninggalkan kebiasaan itu.

“Di sini muncul sebuah permasalahan yaitu tingkat kebugaran dan ketahanan fisik anak atau peserta didik yang rendah disebabkan kemajuan teknologi yang cenderung menimbulkan gaya hidup anak-anak kurang gerak,” katanya, Minggu.

Menurut Juliana, aktivitas fisik secara rutin sangat diperlukan bagi kebugaran tubuh dan meningkatkan daya tahan terhadap penyakit, sehingga jika anak era kini yang hanya terpaku pada perkembangan teknologi, sudah tentu melupakan aktivitas fisik dimaksud. “Dengan berolahraga dapat meningkatkan derajat kesehatan serta kebugaran jasmani, dan melalui olah raga berarti kita mensukseskan program perilaku hidup sehat,” ujarnya.

Dia menambahkan, jika dikaji secara mendalam, sebenarnya bukan hanya anak-anak yang menjadi kurang gerak berolahraga akibat kecanduan teknologi, melainkan seluruh lapisan usia.

“Namun, biasanya anak-anak yang sudah bisa mengakses kemajuan teknologi, lebih banyak menghabiskan waktunya disitu jika dibandingkan dengan kaum dewasa,” terang Juliana Langowuyo.

Hal ini, tambahnya, harus menjadi perhatian serius orang tua dan guru, agar bisa memberikan pemahaman tentang fungsi dari kemajuan teknologi itu sendiri. “Bagi orang tua yang sudah memberikan anak sebuah komputer, apalagi dengan jaringan internet bagi anak dirumah, harus lebih bisa mengawasinya,” paparnya. (ant/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading