Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Kemarau Landa Gorontalo, Banyak Petani Pindah Profesi

Staff Manado Today   |   13 September 2011 – 22:53 WITA

Gorontalo Today – Akibat musim kemarau melanda daerah Gorontalo sejak dua bulan terkahir ini, sejumlah petani di Kecamatan Paguyaman dan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo, beralih profesi menjadi buruh bangunan.

“Musim kemarau ini membuat kami kesulitan mengembangkan areal persawahan karena kekurangan air,” kata Yatno, salah seorang petani di Desa Sidumulyo Kecamatan Tolanguhula.

Bukan hanya sebagai buruh bangunan, beberepa petani juga beralih menjadi pengemudi becak motor (Bentor). Menurut mereka, alih profesi ini untuk menghidupi kebutuhan keluarga.

“Profesi baru ini bisa menghidupi ekonomi keluarga kami, karena gaji yang diterima perhari, berkisar antara Rp. 60 ribu hingga Rp.75 per-orang,” kata Yatno lagi.

Sementara itu, Mujirin, menjadi pengemudi Bentor sejak sebulan dilakukannya, karena areal sawah mereka, banyak yang sudah kering, sehingga menunggu musim hujan baru akan menggarapnya lagi.

“Areal sawah banyak yang kering akibat debit air yang ada di irigasi yang selama ini menjadi andalan petani mulai kering,” ungkapnya, seraya juga menambahkan, profesi yang dijalankannya saat ini agar kebutuhan keluarga bisa terpenuhi. (ann/ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading