Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Kemenag Manado : Tunggu Hasil Isbat dari Pusat

Aldi Mawitjere   |   11 Juli 2012 – 10:36 WITA

1 Ramadhan Jatuh Pada 21 Juli

MANADO, (manadotoday.com) – Kementerian Negara Agama (Kemenag) kota Manado mengimbau kepada masyarakat di kota Manado untuk menunggu pengumuman sidang isbat yang dilakukan oleh Pemerintah pusat. Hal ini setelah terjadi adanya perbedaan penentuan awal puasa oleh NU jatuh pada 21 Juli, sementara Muhammadiyah jatuh pada 20 Juli mendatang.

“Jadi saya imbau kepada masyarakat agar menunggu sidang isbat yang dilakukan pemerintah pusat, karena umat Islam memiliki pedoman dalam penentuan puasa yaitu melakukan rukyat terlebih dahulu kemudian dilakukan sidang Isbat tersebut,” ujar Kepala Kantor Kemenag kota Manado Ulyas Taha kepada wartawan.

Menurut Taha, perbedaan dalam penentuan puasa ini merupakan harus disikapi dengan baik oleh masyarakat jangan sampai perbedaan ini menjadi pemecah umat Islam di Indonesia dan khususnya di Manado.

“Namun pemerintah akan segera mengupayakan agar bisa satu pendapat dalam penentuan awal Ramadan yaitu dengan mendatangkan para ahli rukyat, apabila tetap tidak bisa disatukan pendapatnya dalam penentuan awal puasa maka kita harus menyikapi dengan sikap bijaksana dan menghormati keputusan tersebut,” ujarnya.

Ia menambahkan apabila terjadi perbedaan awal puasa antara pihak NU dan Muhammadiyah, pemerintah akan menghormati keputusan tersebut.

“Meski diperkirakan berbeda, kita minta tidak dipersoalkan, dan dijadikan masalah. Kita minta masyarakat dapat bersikap damai dan saling toleransi. Pelaksanaan awal puasa tergantung kepercayaan masyarakat,” pungkasnya.

Sebelumnya NU akan melaksanakan awal puasa pada 21 Juli karena Badan Hisap Rukyat Kemenag Manado diperkirakan jatuh pada 21 Juli 2012.

Seperti diketahui kata Taha, dari beberapa titik rukyat di Indonesia tak satu pun melaporkan hilal. Rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Ramadhan berlum berhasil melihat hilal. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading