Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Kemendagri: Indonesia Miliki 205 Daerah Otonom Baru

Tonny Sumakul   |   21 Maret 2012 – 19:35 WITA

MANADO (manadotoday.com) – Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementeria Dalam Negeri (Kemendagri), melalui Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus dan DPOD, Drs Soesilo, mengatakan, bahwa dalam kurun waktu antara 1999 hingga 2009, Indonesia sudah melahirkan 205 daerah otonom baru.

“Semua itu tersebar di seluruh daerah di Indonesia,” kata Soesilo, saat menlakukan kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Disampaikannya lagi, dengan bertambahnya 205 daerah otonom baru itu, kini Indonesia memiliki 524 daerah otonom, yang terdiri atas 33 Provinsi, 398 Kabupaten dan 93 Kota. “Aspirasi untuk permintaan pemekaran daerah, hingga kini juga terus berdatangan,” ungkapnya.

Menurut Soesilo, untuk saar ini Kemendagri menerima sekitar 182 usulan atau wacana pemekaran daerah, yang terdiri dari 33 usulan pembentukan Provinsi, 132 usulan pembentukan Kabupaten, serta 17 usulan pembentukan Kota.

“Untuk mencapai tujuan pembentukan daerah itu, keberadaan daerah perlu ditata kembali. Penataannya mencakup kegiatan pemekaran daerah, penghapusan dan penggabungan daerah, evaluasi terhadap kemampuan daerah otonom, dan penyesuaian daerah,” tandasnya.

Ditambahkannya, untuk EPDOB dilaksanakan enam bulan sekali, berdasarkan asas spesifik, obyektif dan berkesinambungan yang terukur.

“Indikator itu digunakan untuk ukuran menentukan apakah pemerintah daerah otonom baru, dapat menjalankan pemerintahannya atau tidak,”pungkasnya. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading