Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Nusa Utara

Kemendiknas Siap Bantu Pelajar Sangihe Studi di Filipina

Redaksi Manado Today   |   3 Maret 2012 – 16:45 WITA
Ketua Komisi A DPRD Sangihe

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sangihe, Helmut Hontong

Tahuna, (manadotoday.com) – Keberadaan puluhan ribu warga Indonesia asal Sangihe dan Talaud yang tinggal di bagian selatan negara Filipina, terlebih bagi anak-anak mereka yang sementara study di negara yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sangihe itu mendapat perhatian serius pemerintah Indonesia melalui Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).
Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sangihe, Helmut Hontong mengemukakan hal itu kepada manadotoday Sabtu (3/3/2012). Hontong mengatakan, dari hasil pertemuan Komisi A Dewan Sangihe dengan pejabat di Kemendiknas baru-baru ini, bahwa mereka akan memberikan bantuan dana pendidikan kepada warga Sangihe yang sedang study di Filipina, namun mereka tidak memiliki data dan informasi soal jumlah warga Sangihe yang menimba ilmu di Negara Filipina itu.
“Pihak pemerintah pusat melalui Kemendiknas siap memberikan bantuan dana bagi para warga Sangihe yang sedang study di Filipina, tetap hingga saat ini mereka tidak memiliki data dan informasi soal jumlah warga Sangihe yang sekolah di negara Filipina. Kami juga diberitahukan bahwa bantuan dana seperti itu sudah diberlakukan bagi warga Indonesia yang belajar di negara tetangga Malaysia,” ujar Hontong mengutip pernyataan pejabat dari Kemendiknas itu.
Bahkan menurut Hontong, mereka didesak berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk berangkat ke Filipina bagian Selatan dimana puluhan ribu warga Sangihe tinggal dan belajar itu.
Kesempatan itu juga, Hontong meminta kepada pemerintah daerah untuk menyikapi bahkan segera menindaklanjuti permintaan dari Kemendiknas itu, sehingga bantuan dana pendidikan bagi warga Sangihe yang study di Filipina itu bisa direalisasikan.
“Jangan lupa, sekitar 30 ribu warga Sangihe yang tinggal di Filipina Bagian Selatan itu, memiliki andil besar pada setiap pemilihan Presiden dan anggota DPR RI. Artinya, jangan nanti pada saat pemilihan kepala negara atau anggota DPR RI, puluhan ribu warga Sangihe di Filipina itu baru diberi perhatian, namun setelah itu dibiarkan begitu saja,” tutup Hontong. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading