Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado Siar

Kemenperin Beri kesempatan Pendidikan Kewirausahaan Gratis

Redaksi Manado Today   |   14 April 2011 – 22:35 WITA

Manado Today – Kementerian Perindustrian RI memberi kesempatan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memiliki tenaga penyuluh industri lebih banyak dengan membuka penerimaan mahasiswa untuk dididik selama tiga tahun.

“Mahasiswa harus berprestasi baik pada sekolah menengah atas atau kejuruan, dan akan melalui proses tes guna mengikuti pendidikan selama tiga tahun di Jakarta guna mendapatkan gelar setara DIII,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Sanny Parengkuan di Manado, Kamis.

Sanny mengatakan, pendaftaran melalui disperindag kabupaten/kota setempat dengan batas pendaftaran paling lambat tanggal 30 April 2011 “Siswa yang dinyatakan lulus selanjutnya akan mengikuti pendidikan di pusat dengan biaya ditanggung sepenuhnya Kemenperin,” kata Sanny.

Menurut Sanny, beasiswa kepada tenaga penyuluh industri kecil menengah ini, merupakan bagian program pemerintah dalam menciptakan wirausaha baru yang ahli dalam bidangnya nanti.

“Dua tahun pertama memang mereka masih akan bertugas sebagai tenaga penyuluh industri di daerah sebagaimana kontrak dilakukan, dengan mendapatkan honor sekitar Rp3 juta per bulan, selepas kontrak dua tahun diharapkan sudah tumbuh menjadi wirausaha muda yang tangguh,” kata Sanny.

Tujuan akhirnya menciptakan wirausaha, agar para lulusan sekolah menengah atas tidak hanya berpikir menjadi pegawai negeri sipil (PNS), tetapi justru yang paling berpeluang menjadi wirausaha potensial.

Pemerintah kabupaten/kota diharapkan dapat memanfaatkan peluang ini karena ini merupakan bantuan pemerintah selain meningkatkan industri kecil menengah di daerah juga memberdayakan sumber daya manusia menjadi pelaku usaha mandiri.

“Munculnya pelaku usaha yang mampu mengoptimalkan peluang yang ada secara langsung selain akan mendorong ekonomi daerah alami pertumbuhan, juga mengentaskan kemiskinan di masyarakat,” kata Sanny.(ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading