Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Kemenperin Latih Calon Pengusaha Teknologi Informasi

Staff Manado Today   |   26 Juli 2011 – 13:13 WITA

Manado Today – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI selama lima hari (25-29 Juli 2011) melatih 20 orang lulusan informatika di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) guna dididik menjadi wirausaha baru teknologi informasi.

“Ke-20 orang yang diikutkan dalam pelatihan wirausaha baru teknologi informasi ini, merupakan siswa informatika dan mahasiswa lulusan terbaik menguasai bidang informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus) serta lembaga pendidikan lainnya di Sulut,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan(Disperindag) Sulut, Sanny Parengkuan ketika membuka Pelatihan Teknis Kewirausahaan Teknologi Informasi, di Manado.

Pemilihan lulusan terbaik dan cakap dalam bidang informatika, kata Sanny, karena tujuan pelatihan ini ingin langsung menciptakan pebisnis yang mampu berusaha di sektor teknologi informasi.

Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan Industri Kecil Menengah (FPIKM), Disperindag Sulut, Nico Rambitan mengatakan, guna membantu peserta dapat membuat bisnis plan yang benar, maka didatangkan tenaga instruktur dari Ciputra Entrepreneurship School.

“Tenaga ahli dari Ciputra ini, akan mendidik para calon wirausaha baru di bidang teknologi informasi tersebut, agar mampu membuat rancangan bisnis plan, sebagai langkah awal menuju terbentuknya industri mikro kecil yang tangguh dan profesional,” kata Nico.

Guna menunjang para peserta mampu menjadi semakin profesional dalam bidangnya dengan penguasaan jaringan bisnis teknologi informasi, kata Nico, maka Kemenperin dan Disperindag Sulut sebagai pelaksana pelatihan wirausaha baru ini, melibatkan salah satu pelaku usaha sukses bidang komputer dan teknologi informasi.

“Pelaku usaha yang sudah berhasil mengembangkan usahanya di bidang informatika ini diharapkan dapat menularkan selain kiat sukses membangun bisnis, juga bagaimana memperkuat jaringan usaha bagi para wirausaha baru sehingga mereka dapat berkembang menjadi IKM tangguh.

Nico mengatakan, penciptaan wirausaha baru profesional dalam bidangnya, merupakan salah satu kebijakan pemerintah guna mendorong penciptaan lapangan kerja lebih besar, menekan angka pengangguran dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Pelaksanaan pelatihan teknis wirausaha baru di Sulut, kata Nico, merupakan bagian dari upaya pemerintah khususnya Kemenperin mendorong tumbuhnya sektor IKM di Indonesia Timur sehingga secara perlahan dan pasti perkembangan IKM tangguh dan profesional, dapat setara dengan daerah lainnya di Indonesia Barat yang sudah lebih dulu maju di sektor IKM.

Peserta yang kemudian tertarik menjadi wirausaha baru, kata Janny akan terus dipantau dan difasilitasi Direktorat Industri Kecil dan Menengah Kemenperin maupun Disperindag Sulut, guna selanjutnya dapat melakukan akses dengan perbankan serta kemungkinan mendapatkan fasilitas dari pemerintah. (ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading