Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

KepMenhub No.77 Tahun 2011 Mulai Diberlakukan

Aldi Mawitjere   |   4 Januari 2012 – 22:56 WITA

Manado, MTC – Terkait dengan seringnya pesawat terlambat saat ini pemerintah telah mengeluarkan aturan. Aturan ini membuat maskapai harus memberikan ganti rugi sebesar Rp 300 ribu bagi seluruh penumpang maskapai penerbangannya apabila delay hingga 4 jam serta denda Rp 200 ribu per kilogram, maksimum Rp 4 juta apabila ada penumpang kehilangan bagasi.
Sementara untuk kargo yang hilang, pengangkut wajib memberikan ganti rugi sebesar Rp 100.000 per kilogram, sedangkan untuk kargo yang rusak wajib diberikan ganti rugi sebesar Rp 50.000 per kilogram. Lalu apabila ada penumpang meninggal dunia ganti rugi mencapai Rp 1,25 miliar.
Menurut Joppie, penumpang salah satu maskapai penerbangan Manado-Jakarta kepada manadotoday Rabu (04/01/2011) mengatakan, aturan yang telah diberlakukan oleh pemerintah pusat tersebut sangatlah menguntungkan para pengguna jasa penerbangan.
“Kami merasa sangat diuntungkan dengan adanya aturan yang dikeluarkan oleh Menteri Perhubungan EE Mangindaan soal tanggung jawab angkutan udara. Sebab, banyak kasus yang terjadi seperti keterlembatan jadwal penerbangan yang sangat merugikan penumpang,” ujarnya.
Dia juga menambahkan, bukan sedikit penumpang yang merasa kecewa ketika ada bagasi mereka yang hilang entah dimana. Bahkan dirinya sempat merasakan ketika bagasinya tidak ada di Manado setelah di cek ternyata bagasinya ada di Ternate.
Sementara itu Elvira salah penumpang tujuan Balikpapan menambahkan, dengan adanya Kemenhub tersebut tidak menutup kemungkinan pihak maskapai akan menaikkan tarif. Namun mereka menolak jika nantinya ongkos pesawat menjadi naik.
“Kami tetap menolak jika ada maskapai penerbangan yang menaikan tarif karena adanya aturan KepMenhub no.77 Tahun 2011,” pungkasnya. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading