Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Kepsek SMAN 4 Manado Ditindaklanjuti Dinas Pendidikan

Aldi Mawitjere   |   8 Maret 2013 – 23:45 WITA

MANADO, (manadotoday.com) – Dinas Pendidikan Kota Manado, akhirnya menindaklanjuti ulah dari Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Manado, yang mengeluarkan siswanya karena belum melunasi uang komite dan uang praktek komputer.

Dimana hasil temua Dinas Pendidikan, Kepsek tersebut telah mencoreng dunia pendidikan Kota Manado, karena telah mencabut hak para siswa tengah persiapan ujian.

Untuk itu, Kadis Pendidikan Manado, Dante Tombeg menegaskan, bahwa hasil temuan dari tim Diknas tersebut, Kepsek telah mengambil tindakan yang tidak dibenarkan.

“Memang saya telah turunkan kabid diknas untuk meminta klarifikasi kenapa siswa sampai ujian di luar dengan kondisi tidak layak. Itu jelas bisa pengaruhi persiapan pelajar yang akan mengikuti ujian. Ini jadi pembelajaran bagi kepsek agar tidak mengambil tindakan yang justru merugikan pelajar, apalagi dalam persiapan ujian,”terang Tombeg, Jumat (8/3).

Terkait dengan aksi Kepsek tersebut, Tombeg menegaskan, akan berikan sanksi dan akan menindaklanjuti rekomendasi Dekot Manado mengganti Kepsek SMA Negeri 4.

“Intinya tidak dibenarkan pelajar sampai disuruh ujian di luar kelas tanpa ada alasan yang tepat, apalagi hanya karena tidak bayar tuntutan sekolah atau kepsek,”tambah Tombeg.

Akan sanksi yang nantinya akan dijatuhkan, Wawali Manado, Harley Mangindaan yang ikut melakukan peninjauan di sekoklah tersebut, menyatakan, soal sanksi biarlah nanti instansi terkait yang menilai.

“Nanti diknas yang pelajari apa yang terjadi di sekolah tersebut, jika memang ditemukan ada pelanggaran instansi terkait yang berikan sanksi. Meski memang Kepsek telah mengakui salah,”ujar Wawali.

Sementara itu, Lohoo yang dikonfirmasi, justru menuding aksinya itu didasari pelajar tidak disiplin, baik berseragam dan potongan rambut sehingga diberikan sanksi ujian diluar.

“Ini bagian dari disiplin, tapi bukang lantaran siswa tidak bayar dio komite sekolah dan doi praktek komputer sampai ujian di luar kelas. Mereka (pelajar) diberikan sanksi karena tidak disiplin, baik berseragam dan potongan rambut. Dan untuk itu saya mengaku salah,”kata Lohoo.

Penjelasan Lohoo justru dibantah sejumlah siswa, mereka mengakui kepsek justru desak tandatangani surat pernyataan bayar tuntuttan sekolah baru bisa ikut ujian.

“Torang terpaksa ikut kemauan dari kepsek untuk tandatangani surat pernyataan bayar tuntutan kepsek karena takut tidak bisa ikut ujian,”keluh sejumlah siswa SMA Negeri 4 kepada yang meminta namanya tidak dikorankan.

Sayangnya Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Manado, Frangky Mewengkang yang ikut melakukan peninjauan di sekolah tersebut lebih memilih bungkam. (*)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading