Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Kepsek SMK Negeri 1 Bitung Akui Lakukan Pungutan

Aldy Monareh   |   18 Juni 2012 – 21:49 WITA

Warga Minta Walikota dan Kadispora Bitung Evaluasi Kinerja Kepsek SMK Negeri 1 Bitung

BITUNG (manadotoday.com) -Adanya dugaan pungutan yang dilakukan sejumlah Sekolah di Kota Bitung, terhadap siswa pada saat pengambilan Raport tidak ditampik oleh sejumlah Kepala Sekolah.

Seperti halnya yang diakui Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Bitung Theresya Tengker.

Tengker sendiri ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan melalui ponsel, terkait pungutan yang dipatok bervariasi Rp 30 hingga Rp 50 ribu kepada siswa kelas 1 dan 2 di SMK yang Ia pimpin, pada saat pengambilan Raport mengaku bahwa pungutan tersebut adalah partisipasi siswa.

”Ya memang ada pungutan terhadap siswa pada saat pengambilan Raport. Dan itu adalah Partisipasi siswa,” ujarnya.

Menurutnya pula, pungutan yang diambil terhadap siswa pada saat pengambilan Raport adalah hal biasa.

”Kita saja kalu kita pe anak mo ambe raport sering memberikan partisipasi,”ujarnya.

Bahkan ketika disampaikan bahwa kebijakan yang Ia ambil (Pungutan) bertentangan dengan instruksi Walikota Bitung Hanny Sondakh, karena tidak disepakati Komite Sekolah, Tengker terksesan masa bodoh karena Ia merasa bahwa pungutan yang dilakukan adalah hal wajar.

”Kiapa ada yang komplain,” katanya.

Sementara itu pernyataan Kepsek SMK 1 Negeri yang menyatakan pungutan dalam pengambilan adalah hal biasa disesalkan oleh sejumlah elemen masyarakat. Menurut mereka apa yang disampaikan Kepsek SMK Negeri 1 Bitung tidak mendidik. Dan kebijakan yang Ia ambil dengan melakukan pungutan merupakan bukti pembangkangan terhadap instruksi pimpinan dalam hal ini Walikota Bitung Hanny Sondakh dan Kadispora Herman Rompis, yang dengan getolnya melarang Sekolah melakukan pungutan terhadap siswa dalam bentuk apapun, apalagi jika tidak disetujui komite Sekolah.

”Ini namanya Kepsek tidak mau mengimplementasikan keinginan pimpinan. Padahal keinginan pimpinan sangat positif agar Sekolah di Bitung bebas pungli. Dan jika sudah begini sebaiknya Walikota dan Kadispora mengevaluasi kembali kinerja Kepsek SMK Negeri 1 Bitung ini,” tandas Raymond Lilir personil LSM Bendera. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading