Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Kerusakan Gorong-Gorong Makin Parah, Dinas PU Tetap Tutup Mata

Redaksi Manado Today   |   4 Maret 2011 – 19:54 WITA

Manus : Jika Terjadi Korban Lakalantas, Kadis PU Bertanggung Jawab

Manado Today – Kondisi Gorong-gorong depan Gereja Advent Ranomea Amurang Minahasa Selatan, saat ini rusak parah dan menyebabkan badan jalan nyaris terputus, sehingga sangat rawan kecelakaan lalulintas. Anehnya, kerusakan ini seolah-olah dibiarkan instansi teknis terkait yakni dinas Pekerjaan Umum (PU) Sulut.

Kasatlantas Polres Minsel AKP Frangky Manus, pada manadotoday Jumat (04/03/2011) menyebutkan, jika terjadi korban jiwa di jalan trans Sulawesi tepatnya di lokasi kerusakan Kelurahan Ranomea , pihak yang paling bertanggung jawab adalah Kadis PU Provinsi.
“Kerusakan drainase tepatnya depan Gereja Advend kelurahan Ranomea, berdampak ambruknya jalan tras sulawesi tersebut, namun kurang mendapat perhatian Pemprov yakni PU, padahal sudah berapa kali diberitakan lewat media mengingat sangat rawan terjadi lakalantas,”tegas Manus
Selanjutnya Manus menyebutkan, dalam Undang-Undang nomor 22 tahun 2009, tentang Lalu Lintas pasal 273 ayat Pasal 24 ayat (1), menyatakan korban luka ringan dan/atau kerusakan Kendaraan dan/atau barang dipidana dengan penjara paling lama 6 (enam) bulan atau denda paling banyak Rp 12.000.000,00 (dua belas juta rupiah). (2) Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengakibatkan luka berat, pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp 24.000.000,00 (dua puluh empat juta rupiah). (3) Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengakibatkan orang lain meninggal dunia.
“Pelaku yang tertuang dalam pasal ini bisa mengarah pada (Kadis PU), dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak Rp 120.000.000,00 (seratus dua puluh juta rupiah),” tandas Manus. (dav)
Dikirim melalui Facebook Seluler
Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading