Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Kesbang Pastikan NII Belum Ada di Manado

Staff Manado Today   |   14 Mei 2011 – 10:57 WITA

Manado Today – Adanya suatu gerakan untuk mendirikan Negara Islam Indonesia (NII) yang menghebohkan Indonesia akhir-akhir ini, belum terdeteksi di kota Manado. Meski demikian, gerakan tersebut perlu diwaspadai karena dapat memecah belah kerukunan umat beragama di daerah ini.Hal itu dikatakan Walikota Manado, GS Vicky Lumentut, melalui Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol-Linmas) kota Manado, Ventje Pontoh SH, kepada manadotoday.

Menurutnya, kesimpulan itu diambil sesuai hasil rapat Kominda (Komunikasi Intelejen Daerah) Sulawesi Utara (Sulut) belum lama ini. Sampai saat ini, kondisi stabilitas di kota Manado masih aman dan terkendali. Kondisi ini tercipta karena masyarakat tidak terprovokasi untuk membentuk organisasi yang bertentangan dengan integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sampai sekarang ini, sesuai hasil rapat Kominda belum ditemukan adanya gerakan NII di Manado. Sehingga, bisa dikatakan kota Manado masih aman dan terkendali. Masyarakatnya tidak terpengaruh dengan apa yang terjadi di negara kita saat ini,”tandas Pontoh.

Lanjut dikatakan, gerakan NII yang didominasi kaum intelektual di kampus-kampus Perguruan Tinggi (PT), belum terjadi di Manado. Pasalnya, dari laporan yang diterima pihaknya, kampus PT di Manado tidak terindikasi adanya gerakan NII tersebut.

“Tapi kita harus tetap waspada karena hal itu juga bisa terjadi kalau kita lengah. Masyarakat juga harus meningkatkan perannya dalam menangkal radikalisme yang mengarah pada terganggunya integritas bangsa,”pungkas Pontoh.

Sementara itu, warga kota Manado yang ditemui harian ini mengaku hingga saat ini belum terdengar adanya gerakan NII di daerah ini. Walau secara nasional sempat menjadi bahan perbincangan dan telah menjadi isu nasional.

“Kalau kita bersatu untuk melawan semua bentuk hasutan dan provokasi pasti kota Manado akan tetap aman dan tidak akan muncul gerakan NII seperti yang diberitakan selama ini,”ujar Widdy Rorimpandey warga Kleak.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading