Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Kesbangpol : Ormas atau LSM di Manado Tinggal 21 Organisasi

Staff Manado Today   |   19 Juni 2011 – 09:33 WITA

Manado Today – Jumlah organisasi kemasyarakatan (Ormas) atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di kota Manado pada tahun ini mulai mengalami penurunan dari sebelumnya sebanyak 38 organisasi pada tahun 2009, kini sudah menjadi 21 organisasi yang terdaftar di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Manado.

“Memang turun karena tinggal 21 organisasi atau LSM. Sebenarnya banyak, namun karena ada yang belum mengikuti peraturan atau mendaftar kembali sehingga turun,” ujar Kepala Kesbangpol Manado, Ventje Pontoh pada wartawan.

Pontoh menjelaskan, seharusnya organisasi melaporkan susunan pengurusnya setiap tahun, sehingga terdaftar di Kesbangpol sebagai organisasi yang resmi. Jika tidak ada keberadaan organisasi maupun LSM tersebutm maka dianggap ilegal.

“Meskipun pada awal pendiriannya sudah mendaftarkan diri, namun biasanya setiap tahun pengurusannya berubahubah sehingga perlu di daftar kembali,” ungkapnya seraya menghimbau kepada pengurus organisasi yang belum mendaftarkan segera memasukannya, agar ketika mereka (LSM) meminta bantuan tidak perlu lagi repot-repot mengurusnya.

Diketahui, sesuai UU No 8 Tahun 1985 tentang Organisasi Kemasyarakatan diberitahukan kepada Ormas untuk mempunyai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga dan sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No 8 Tahun 1990 tentang Pembinaan LSM, pemerintah daerah akan melakukan penertiban terhadap Ormas dan LSM.

Pemerintah daerah juga dapat membekukan dan membubarkan ormas yang dalam kegiatannya mengganggu keamanan dan ketertiban umum termasuk menerima bantuan asing tanpa persetujuan pemerintah.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading