Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, DPRD Sulut

Kesulitan Air Bersih Warga Minsel-Mitra Terancam Terserang Penyakit

Staff Manado Today   |   3 Mei 2011 – 22:11 WITA

Manado Today – Sejumlah warga Kabupaten Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara, Sulut, kesulitan mendapatkan air bersih sehingga mengganggu kesehatan mereka.

Prof Dr Ir Joppy Paruntu

Prof Dr Ir Jopie Paruntu.

“Minimnya pasokan air bersih karena pemerintah daerah hingga saat ini tidak membangun jaringan air bersih untuk masuk ke pemukiman warga,” kata anggota DPRD Sulut Jopie Paruntu seusai melakukan reses di dua daerah itu, Selasa.

Sebagian warga yang mengeluhkan pasokan air bersih berasal dari Kecamatan Tatapaan dan Tumpaan di Kabupaten Minahasa Selatan serta Kecamatan Ratahan dan Tombatu di Kabupaten Mitra.

Jopie Paruntu mengatakan sudah cukup lama warga menyampaikan persoalan ini ke pemerintah daerah namun kurang ditanggapi dan menyebabkan warga hidup dengan kesulitan yang terasa berat.

Menurut dia, umumnya warga harus mencari air bersih hingga ke lokasi yang sangat jauh dan banyak mengganggu aktivitas warga sebagai petani dan nelayan.

Masalah lain yang dikeluhkan warga yakni minimnya akses jalan perkebunan secara memadai sehingga hasil-hasil komoditi pertanian sulit diangkut melalui transportasi angkutan darat.

“Karena sulitnya mendapatkan angkutan untuk komoditi pertanian yang di panen warga sehingga biayanya menjadi mahal juga untuk dipasarkan ke daerah lainnya,” ujar Jopie Paruntu yang juga mantan Rektor Unsrat itu.

Anggota DPRD Sulut dari daerah pemilihan Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara Lexi Solang mengakui kesulitan mendapatkan pasokan air bersih di beberapa desa di Kecamatan Ranoyapo di Minahasa Selatan.

“Pemerintah daerah segera membangun instalasi atau jaringan khusus untuk air bersih ke permukiman mengingat di wilayah itu merupakan wilayah pegunungan yang seharusnya banyak pasokan air,” kata Solang yang juga Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sulut itu.

Kemudian membangun irigasi untuk sektor pertanian secara memadai dan merata di setiap kecamatan sehingga petani bisa merasakan dampak positif dari kegiatan bercocok tanam.(ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading