Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Keterbukaan Pemerintah Didukung Kominfo

Staff Manado Today   |   4 Agustus 2011 – 09:50 WITA

Manado Today – Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Manado, Ferry Soetanto, mengatakan keterbukaan penyelenggaraan pemerintahan lewat teknologi informasi, harus didukung semua kalangan.

“Pemkot Manado di bawah kepemimpinan Vicky Lumentut dan Harley Alfredo Benfica Mangindaan, untuk meningkatkan kinerja dengan memanfaatkan teknologi informasi dan penyediaan fasilitas I-AD bukan tujuan, itu hanya sarana, karena sasaran utamanya adalah tekad untuk meningkatkan kinerja melayani masyarakat, Jadi jangan disalahtafsirkan,” kata Soetanto, di Manado, Kamis.

Soetanto mengatakan, Dinas Kominfo dan Bagian Administrasi Pembangunan telah ditugaskan wali kota dan wakil wali kota untuk menyusun sebuah sistem penyelenggaraan pemerintahan berbasis teknologi informasi.

Sistem itu, kata Soetanto, dinamakan Siskom I-PaD, singkatan dari Sistem Komunikasi berbasis IT bagi Pejabat Daerah.

Dikatakan Soetanto, Siskom I-PaD merupakan pelaksanaan UU No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dan Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional E-Government.

“Dalam pelaksanaannya Pemkot Manado melakukan pendekatan terintegrasi melalui Tim Pengelola Siskom I-PaD, mengembangkan sistem dan jaringan, dan meningkatkan kompetensi SDM terhadap seluruh SKPD yang menggunakan teknologi informasi. Misalnya Dinas Kesehatan yang mengembangkan layanan E-Puskesmas dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang mengembangkan G-Cloud,” kata Soetanto.

Sementara itu, Kepala seksi media center pelayanan pers dan dokumentasi Dinas Kominfo Manado, Franky Mocodomis mengatakan pengadaan I-PaD ke para pejabat daerah bukan untuk menonjolkan prestise penyelenggara pemerintahan, tapi merupakan pelaksanaan E-Government melalui sistem yang diberi nama SISKOM I-PaD.

Mocodomis mengatakan, pemilihan perangkat tablet berjenis i-Pad, pertimbangannya adalah faktor efisiensi dan sekuritasnya. Dengan pelaksanaan E-Government melalui Siskom I-PaD, pada 2012 nanti Pemkot Manado akan memiliki Sistem Informasi Manajemen Daerah atau Simda, secara terpadu, dan terbuka untuk diakses publik.

Karena itu Mocodomis mengatakan langkah Pemkot ini harus mendapatkan dukungan dari banyak pihak, supaya bisa menghasilkan yang terbaik dan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat Manado.

“Ini adalah tekad pasangan Wali kota dan Waki Wali kota Manado yang baru untuk meningkatkan kinerja aparatur dan melaksanakan prinsip keterbukaan dalam penyelenggaraan pemerintahan melalui pemanfaatan teknologi informasi,” kata Mocodomis.

Pelaksanaan Siskom I-PaD ini juga dilaporkan Wai Kota Manado Vicky Lumentut pada Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang, dalam pidato pada perayaan Hari Ulang Tahun ke-388 Manado, 14 Juli lalu. (ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading