Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » DPRD Sulut

Ketua FPG Pimpin Pansus Pembangunan Gedung DPRD Sulut

Staff Manado Today   |   3 Mei 2011 – 21:32 WITA

Manado Today – Ketua Fraksi Partai Golkar Edison Masengi dipilih untuk memimpin Panitia Khusus (Pansus) pembangunan gedung DPRD Sulut, setelah melalui pemilihan di internal lembaga itu, Selasa.Masengi mengungguli calon ketua Pansus lainnya Tonny Kaunang dari Fraksi Partai Golkar dan Mikson Tilaar dari Fraksi PDI Perjuangan.

Pada pemilihan struktur Pansus itu, juga dipilih Sekretaris Ivone Bentelu dari Fraksi PDIP dan menyisihkan calon lainnya Felly Runtuwene dari Fraksi PDS, serta dibantu dua wakil ketua Pansus Edwin Lontoh dari Fraksi Partai Demokrat dan Teddy Kumaat dari Fraksi Barisan Indonesia Raya.

Pembentukan Pansus dan struktur pengurusnya diberikan kesempatan selama 90 hari untuk mengkaji dan menelaah program pembangunan gedung DPRD Sulut, dengan program “Build, Operate and Transfer” (BOT) dengan pelaksana pembangunan direncanakan salah satu perusahaan ternama di Indonesia PT Trans Corp.

“Kami berharap tim Pansus itu mampu bekerja dengan baik, memberikan masukan secara positif kepada Pemprov Sulut terkait kebijakan untuk membangun gedung DPRD Sulut yang baru,” kata Ketua DPRD Sulut Meiva Salindeho Lintang.

Sebelumnya, sejumlah anggota wakil rakyat itu menilai gedung DPRD Sulut yang berlokasi di bilangan Sario Manado, tidak representatif lagi untuk menampung aktivitas 45 anggota wakil rakyat.

“Kantor DPRD Sulut yang dibangun 50 tahun lalu itu, sudah ketinggalan zaman dan tidak optimal dimanfaatkan oleh anggota wakil rakyat dan perlu sarana yang baru,” kata Wakil Ketua DPRD Sulut Arthur Kotambunan.

Menurutnya, ada dua model kajian untuk pembangunan DPRD Sulut, yakni pertama melalui ruislag dan kedua Build Operate and Transfer. Tetapi wakil rakyat dan Pemprov Sulut lebih menyetujui Build Operate and Transfer karena nantinya 30 tahun kemudian aset itu di kembalikan ke daerah.

Gedung DPRD Sulut yang lama serta lokasi Gelanggang Olahraga (GOR) KONI di bilangan Sario rencananya akan ditangani dan dioptimalkan menjadi kawasan bisnis dan pusat Informasi Teknologi (IT) oleh PT Trans Corp.

Kemudian PT Trans Corp akan membangun gedung DPRD Sulut yang baru melalui dua model pilihan itu, apakah BOT atau ruislag, dengan pembangunan gedung secara modern dan representatif.

“Pemprov Sulut lebih menyetujui kalau modelnya BOT, sehingga investor hanya mengelola kawasan bisnisnya, aset dan tanah akan dikembalikan pada pemerintah daerah setelah digunakan puluhan tahun,” ujarnya.(ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading