Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Ketua KPU Gorontalo Dihadiahi Ular

Staff Manado Today   |   14 September 2011 – 20:10 WITA

Gorontalo Today – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo Salahuddin Pakaya, Rabu (14/9/2011), dihadiahi seekor ular berukuran jari kelingking orang dewasa dari salah satu pendukung pasangan bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Gorontalo, Dani Pomanto – Sofyan Puhi.

Ular yang masih hidup tersebut, dibawa massa pendukung Pomanto-Puhi, saat melakukan aksi unjuk rasa di kantor KPU Gorontalo. Sontak kejadian itu mengagetkan anggota KPU dan staf pegawai yang berada di kantor KPU daerah tersebut.

“Ini merupakan bentuk protes sekaligus mengingatkan kepada Ketua dan anggota KPU, untuk tidak berperilaku seperti ular,” ketus Nur Salam Karim, Koordinator aksi itu.

Seorang anggota Polisi yang berjaga-jaga dalam demo tersebut, langsung mengamankan ular tersebut guna menghindari dampak buruk.

Bukan itu saja, dalam aksi demo yang diikuti sekitar 2000 orang itu, sejumlah pendukung Pomanto-Puhi sempat mempertotonkan atraksi “mandi darah” yakni menyiram seluruh tubuh mereka dengan air berwarna merah.

Diketahui, aksi tersebut dilakukan terkait dengan terganjalnya pencalonan pasangan yang didukung 12 parpol itu pada proses verifikasi berkas. Dimana berkas surat dukungan salah satu parpol pengusung yaitu Partai Amanat Nasional (PAN), oleh pihak KPU dinilai tak memenuhi syarat sebab hanya ditanda tangani Wakil ketua DPW PAN Provinsi Gorontalo.

Menanggapi aksi tersebut, Salahuddin di depan para pendemo mengatakan, pihaknya pihaknya bertugas sesuai dengan mekanisme, dan tidak memihak pada calon manapun.

“Kami juga sudah melakukan klarifikasi ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN di Jakarta, namun tak ada penegasan mereka memberikan dukungan pada pasangan Pomanto-Puhi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, KPU berpegang pada bunyi pasal 42 ayat satu, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 6 tahun 2005, tentang pemilihan Kepala Daerah, yang menyebutkan bahwa surat dukungan calon kepala daerah di tanda tangani oleh ketua Partai Politik.

“Jadi sebaiknya ini ditanyakan kepada DPW PAN sendiri, bukan ke KPU,” ungkap Salahuddin. (ann/ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading