Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Kinerja Kaban Penanggulangan Bencana Daerah Bitung Dipertanyakan

Aldy Monareh   |   12 Oktober 2011 – 08:08 WITA

Manadotoday.com, Bitung – Sejumlah elemen masyarakat kembali mempertanyakan kinerja Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kaban PBD) Kota Bitung, Drs Yoppi Sarante. Sebab Sarante dinilai tidak mampu mengoptimalkan sarana mobil pemadam kebakaran (damkar) milik Pemkot Bitung.

Dari empat unit damkar yang tersedia, hanya satu yang masih berfungsi. Sehingga jika terjadi bencana kebakaran, hampir bisa dipastikan rumah tersebut akan habis terbakar jika hanya satu unit yang beroperasi. Sementara tiga unit lainnya hanya terparkir begitu saja, tanpa adanya inisiatif untuk dilakukan perbaikan.

”Sebagai Kaban Bencana harusnya pro-aktif mengusulkan perbaikan tiga unit kendaraan ini, jangan hanya diam. Karena akibatnya fatal jika saat terjadi bencana kebakaran dan hanya satu unit damkar yang berfungsi,” tandas Muzakir Boven, personil LSM Lembeh Bersatu.

Boven menilai sikap apatis dan tidak pro aktifnya Kaban Bencana Kota Bitung, sama artinya dengan tidak mempedulikan keselamatan dan kerugian materi warga jika seandainya terjadi bencana kebakaran.

”Contohnya bencana kebakaran beberapa waktu lalu di Kecamatan Madidir, akibat mobil damkar hanya satu yang beroperasi petugas tidak bisa berbuat banyak. Padahal masyarakat berharap lebih, petugas damkar bisa mengatasi masalah kebakaran jika sewaktu waktu terjadi bencana kebakaran,” tutur Boven sapaan akrab Polo ini.

Karena itu Polo berharap seperti halnya masyarakat lainnya agar pemerintah kota memprioritaskan perbaikan tiga unit kendaraan damkar.

”Karena dengan berfungsinya keempat unit mobil teresbut, harapan masyarakat Damkar bisa mengatasi bencana kebakaran akan terpenuhi,” tukasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading