Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung, Hukum dan Kriminal

Kinerja Kejari Bitung Kembali Disorot

Aldy Monareh   |   28 Desember 2011 – 17:33 WITA

Bitung, MTC – Sorotan terhadap kinerja Kejaksaan Negeri (Kejari) Bitung kembali mengemuka, menyusul sikap jaksa yang dinilai tidak objektif dalam menangani kasus dugaan korupsi retribusi IMB Peti Kemas PT Pelindo yang melibatkan oknum Kadis Tata Ruang Bitung, HD Soetanto.
”Jaksa harusnya objektif menangani kasus ini. Namun dalam kasus ini Jaksa terkesan berpihak ke PT Pelindo, yang pada kenyataannya masih berhutang ke Pemkot Bitung. Sementara Kadis Tata Ruang Hendry Soetanto yang dinyatakan bersalah dalam fakta persidangan, tidak ditemukan telah merugikan Uang Negara dengan memberikan reduksi,” ujar Sekretaris LSM Generasi Bangsa (Gerbang) Bitung, Rio Lumatouw.
Menurutnya, indikasi keberpihakan jaksa, dimana jaksanya melihat dugaan korupsi senilai Rp 10 Juta yang dilakukan Kadis Tata Ruang HD Soetanto, sementara sisa hutang PT Pelindo ke Pemkot Bitung, yang diakui PT Pelindo belum dibayarkan sebesar Rp 483 Juta, terkesan dibiarkan.
”Jika tujuannya untuk menyelamatkan uang Negara, jangan hanya mengejar Rp 10 Juta, yang sudah dikembalikan. Tapi bagaimana mengejar uang ratusan juta yang wajib dibayarkan PT Pelindo ke Pemkot Bitung. Dan jangan sampai muncul anggapan masyarakat Jaksa telah ‘main mata’ dengan PT Pelindo,” tegas Lumatouw sembari menyesalkan sikap Jaksa yang melakukan banding atas putusan Hakim perihak kasus ini.
Terpisah Kepala Seksi Intel Wahyudin SH, ketika dimintai tanggapannya, membantah jika pihaknya berpihak ke PT Pelindo dalam menangani kasus tersebut.
”Dalam menangani kasus ini, kami tidak pernah memihak kepada siapapun termasuk PT Pelindo,” singkatnya.
Diketahui dalam kasus dugaan korupsi IMB Peti Kemas Pelabuhan Bitung yang melibatkan Kepala Dinas Tata Ruang Kota Bitung Hendry Soetanto, Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bitung telah memvonis HD Soetanto 6 Bulan penjara ditambah denda Rp 50 juta. Dan meminta PT Pelindo untuk melunasi sisa hutang kepada Pemkot Bitung senilai Rp. 483 Juta lebih. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading