Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung, Headline

KM Nutrindo PM 7 Tenggelam di Perairan Lembeh

Aldy Monareh   |   22 September 2011 – 21:35 WITA

Bitung Today – Nasib naas menimpa KM Nutrindo, kapal yang bekekuatan 26 Pk dengan 10 awak ini, tenggelam diperairan selat Lembeh saat hendak menuju perairan Halmahera untuk mencari Ikan. Beruntung dalm kejadian tesebut tidak ada korban jiwa dan ke 10 awak setelah kejadian langsung dievakuasi ke Kesatuan Penjaga Laut Pantai (KPLP) Bitung.

KM Nutrindo Tenggelam

KM Nutrindo PM 7 yang tenggelam di Perairan Lembeh

Informasi yang dirangkum manadotoday menyebutkan, tenggelamnya kapal yang dinakhodai oleh Alfrets Sabu, Kamis (22/9/2011), dengan Sembilan orang awak kapal empat diantaranya warga Negara Philpina, tenggelam ketika dihantam ombak saat masih berada kira-kira 11 Mil dari pelabuhan Bitung, yang kemudian ditemukan pertama kali oleh KM Sinta yang hendak menuju pelabuhan Bitung.

Leo salah satu awak kapal naas tersebut menceritakan sekitar Pukul 13.00 wita, mereka sedang memperbaiki mesin kapal motor yang tiba-tiba mati, namun tak disangka ketika sedang melakukan perbaikan mesin, tiba-tiba saja kapal yang mereka tumpangi dihantam ombak besar, mengakibatkan kapal kemudian terpecah dan sebagian badan kapal tenggelam.

“Torang sementara beking butul tu mesin, kage ombak besar datang dan menghantam kapal, yang mengakibatkan kapal pica kong tabobale. (kami sementara memperbaiki kapal, tiba-tiba datang ombak besar dan menghantam kapal sehingga mengakibatkan kapal pecah dan terbalik,” ujar Leo.

Beruntung selang beberapa menit kemudian kata Leo, Melintas kapal tangker Shinta dan dua awak kapal diantaranya Nakhoda Kapal meminta tolong dan langsung naik ke kapal tersebut menuju pelabuhan Bitung untuk melaporkan hal ini. “Empat korban lain telah dievakuasi oleh KM Delta King, sementara yang lainnya menunggu bantuan di lokasi kejadian,” tuturnya.

Mendengar informasi tersebut petugas KPLP langsung menuju lokasi kejadian, untuk menyelamatkan para korban yang masih berada di lokasi kejadian. Korban kemudian langsung dibawa ke Pelabuhan Bitung untuk dimintai keterangan.

Kepala satuan KPLP Bitung Wadyanto menegaskan bahwa kejadian ini pihak perusahaan PT Nutrindo Tanjung Merah harus bertanggung jawab karena dari hasil kesimpulan sementara kapal tersebut tidak memiliki alat keselamatan lengkap. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading