Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

KNPI dan BKB PP Bitung Setuju Lokalisasi PSK

Aldy Monareh   |   12 Oktober 2011 – 23:17 WITA

Bitung Today – Guna mencegah meningkatnya penyebaran virus HIV/ AIDS, agar kasusnya tidak bertambah dari hari ke hari. Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan perempuan (BKB PP) Kota Bitung, menyatakan dukungannya terhadap lokalisasi Pekerja Seks Komersil (PSK) di Kota Bitung, sehingga para PSK ini bisa dikontrol.

“Kita jangan munafik, kenapa tidak dilakukan lokalisasi terhadap para PSK yang ada di Kota Bitung, Ini juga kan untuk mencegah penyebaran HIV/AIDS,” ungkap Ketua KNPPI Bitung Raymond Luntungan.

Luntungan beralasan, adanya lokalisasi di Kota Bitung, para Pekerja Seks Komersial (PSK) ini bisa di kontrol, sehingga bisa mencegah penularan penyakit yang belum bisa diobati ini. Disamping itu adanya lokalisasi PSK juga dapat mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), karena dengan begitu pem,erintah dapat menarik retribusi bagi pengunjung yang masuk lokalisasi.

“Meski begitu ini juga harus di kaji dengan matang dan harus diatur siapa saja yang bisa berkunjung di lokasi tersebut, atau dikhususkan bagi para pekerja asing atau orang yang bukan berasal dari Bitung, dan dari pengunjung inilah kemnudian di tarik retribusi, seperti yang berlaku di beberapa daerah lain di Indonesia,” terangnya.

Senada Kaban BPPKB, dr Ellen Wuisan menyatakan mendukung jika Pemkot Bitung mulai mempersiapkan wilayah lokalisasi. Sebab selama ini para PSK di Kota Bitung sulit dikontrol karena tidak terkonsentrasi pada satu tempat sehingga sulit mendapatkan perhatian dari instansi yang konsern dengan dengan masalah penanggulangan HIV/AIDS.

“Ini bakal mendapatkan penolakan berbagai pihak, namun harus diingat pula temuan kasus HIV/AIDS di Kota Bitung terus bertambah.” Ujar Wuisan.

Ditambahkan Wuisan, dengan adanya lokalisasi anagka HIV/AIDS dan penyakit kelamin lain bisa ditekan dengan menjalankan Perda Kondom.

“Sayang jika lokalisasi ini ditolak. Karena kita tidak perlu naïf, akan tetapi disini kita harus melihat dari sisi Kesehatan, karena dengan dilokalisasinya para PSK ini penyebaran penyakit ini bisa ditekan, karena mereka bisa terkontrol,” pungkasnya. .(lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading