Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Komisi A DPRD Kota Bitung Rekomendasikan 6 Poin Kepada Perusahaan

Aldy Monareh   |   27 Juni 2012 – 21:44 WITA

Dari Hearing Komisi A Dengan Sejumlah Perusahaan di Kota Bitung

BITUNG, (manadotoday.com) – Komisi A DPRD Kota Bitung akhirnya  mengeluarkan enam rekomendasi  kepada, perusahaan di Kota Bitung tindaklanjut atas aspirasi serikat buruh seluruh Indonesia (SBSI) perihal persoalan ketenaga kerjaan di Kota Bitung.

Hal ini terungkap dalam rapat dengar pendapat antara Komisi A DPRD Kota Bitung, dengan sejumlah perusahaan, SBSI dan Disnaker Bitung, Rabu (27/6) sore tadi.Dalam pertemuan yang menghadirkan sejumlah perusahaan yakni PT Phatemang Raya, PT Tenggo Karya Samudera, PT Selta Pacific Indo Tuna, dan PT Mandiri Bersaudara keenam rekomendasi tersebut diantaranya, mewajibkan pihak perusahaan membayar upah buruh dengan cara apapun meskipun perusahaan tersebut kolaps, Serikat buruh yang sah harus terdaftardi Disnaker, upah lembur harus sesuai aturan, perusahaan wajib ikutkan buruh atau pekerja pada program Jamsostek, Perundingan dengan perusahaan harus berkala atau periodik serta wajib sosialisaikan peraturan tenaga kerja.

Ketua Komisi A DPRD Kota Bitung Victor Tatanude ketika memimpin hearing tersebut menegaskan bahwa enam poin yang direkomendasikan harus dilaksanakan oleh perusahaan.

”Dan terkait masalah perundingan pelaku usaha dan perusahaan juga harus dilakukan secara berkala agar masalah ketenaga kerjaan dapat diminimalisir,” tandasnya.

Disamping mengeluarkan 6 rekomendasi, sejumlah permasalahan yang mencuat dalam hearing tersebut, adalah besaran upah yang diterima buruh, Pemutusan hubungan kerja, dan masalah Jamsostek.

Sekedar informasi anggota Komsis A DPRD Bitung yang hadir diantaranya, Laode Sumaila SH, Nelly Worotican, Sherly Pangau dan Arifin Dunggio. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading