Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Komisi B, Bakal Hearing Notaris dan Camat

Aldi Mawitjere   |   17 Oktober 2011 – 11:34 WITA

Terkait Peningkatan BPHTB

Boby daud

Boby Daud

Manadotoday.com, Manado – Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) telah menjadi primadona baru bagi Pemerintah Kota Manado untuk meraup Pendapatan Asli Daerah. Alhasil, untuk memaksimalkan pendapatan di sektor tersebut, Komisi B DPRD Kota Manado akan mengajak hearing atau rapat dengar pendapat kepada Notaris yang berada di wilayah Kota Manado serta para Camat.

“Kita akan ajak hearing para notaris di Manado. Kita akan tukar pikiran sekaligus meng-clearkan adanya isu-isu tidak baik soal BPHTB,” terang personel Komisi B, Syarifuddin Sa’afa kepada wartawan.

Dia mengakui ada laporan miring atas transaksi BPHTB. “Saya mendapat info banyak terjadi permainan dalam proses BPHTB. Contohnya, serharusnya transaksi Rp 200 juta, tapi diakalin menjadi Rp 100 juta. Ini dilakukan untuk memperkecil penarikan BPHTB dari suatu transaksi. Jadi ini juga perlu kita clear-kan bersama para notaris, termasuk camat. Karena para camat juga adalah PPAT,” jelas Ketua DWP PKS Sulut tersebut.

Senada dikatakan koleganya, Boby Daud, pertumbuhan sektor properti di Kota Manado mengalami peningkatan yang luar biasa.

“Pembangunan terjadi di mana-mana. Dan terkait hal ini, BPHTB harus kita kawal agar daerah tidak dirugikan,” tukasnya.

Sekadar diketahui, target awal BPHTB di Dispenda Kota Manado adalah sebebsar Rp 22,5 miliar. Namun pada APBD-Perubahan yang baru saja disahkan, menjadi jadi Rp 42,5 miliar atau ketambahan Rp 20 miliar dari target awal.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading