Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Komisi C Dekot Bitung Akan Periksa Amdal Perusahaan di Kawasan Madidir

Aldy Monareh   |   11 September 2011 – 14:14 WITA

Terkait Keluhan Masyarakat Soal Pembuangan Limbah Perusahaan

Bitung Today – Keluhan masyarakat perihal pencemaran laut di pesisir pantai Madidir, yang disinyalir akibat pembuangan limbah sejumlah perusahaan di kawasan tersebut, kembali mendapat perhatian kalangan legislator DPRD Kota Bitung, melalui Wakil Ketua Komisi B Lexy Maramis.

Dikatakan Maramis bahwa pihaknya akan melakukan pemeriksaan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) sejumlah perusahaan di kawasan tersebut meskipun pihaknya belum menerima laporan masyarakat terkait pencemaran laut ini.

”Kami (Komisi C) akan melakukan pemeriksaan rekomendasi AMDAL, sejumlah perusahaan di pesisir pantai Madidir dan daerah lainnya yang diduga melakukan pembuangan limbah ke pantai, meskipun belum ada laporan resmi warga, dan hanya berdasarkan pemberitaan di Media Massa,” ujar Maramis.

Sebab kata Maramis ini adalah persoalan serius yang harus segera diselesaikan, apalagi kabarnya sudah ada warga yang mengeluh karena gatal-gatal setelah mandi di kawasan tersebut.

”Langkah Komisi C yang membidangi lingkungan hidup, akan melakukan pemantauan di wilayah pesisir yang menurut warga tercenar limbah seng dan minyak bekas sejumlah perusahaan,” ujar Maramis.

Dilain pihak, Maramis juga menyoroti kinerja BLH Kota Bitung, sebagai pihak yang berkompeten dalam hal pencemaran karena dinilai tidak maksimal dan pro aktif.

”Harusnya BLH pro aktif, melakukan pemantauan dan pengawasan rutin serta pemeriksaan dokumen Amdal setiap perusahaan. Jangan hanya menunggu laporan warga,” tandas Maramis. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading