Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline

Komisi I Rencanakan Hearing Pemprov Soal Perbatasan

Redaksi Manado Today   |   2 November 2010 – 12:30 WITA

Manado Today – Polemik perbatasan antara pemerintah provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Gorontalo, menurut sekretaris Komisi I DPRD Sulut dr Wiesje Abigail Rompis MSi, tinggal menyisakan persoalan kepemilikan Pulau Bongkil dan sebagian Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

“Mengeni tiang pancang untuk tapal batas, sudah tidak lagi menjadi persoalan dan saat ini sesuai dengan hasil konsultasi di Jakarta, kami diharuskan membuat referensi yang menguatkan kepemilikian diantaranya  administrasi yang nantinya dibuat oleh Pemprov Sulut, kemudian dimasukkan ke Depdagri malalui Dirjen Pemerintahan Umum, sehingga akan ada tim yang nantinya melakukan Verifikasi di perbatasan antara Sulut dan Gorontalo,” kata Rompis.

Selanjutnya disebutkan Srikandi PDIP dapil Nusa Utara ini,  dalam merealisasi seluruh administrasi yang diminta berbentuk kronologis dan historis,  Komisi I merencanakan memanggil Hearing Pemprov Sulut yakni Asisten I Bidang Pemerintahan, Badan Perbatasan, Bagian Tata Pemerintahan, dan Biro Hukum.

“Persoalan yang ada dan mencuat adalah pulau Bongkil serta Taman nasional Wartabone. Khusus di taman nasional Nani wartabone, saat ini sudah ada masyarakat baik Bolmong maupun Gorontalo yang melakukan aktivitas pertambangan emas, dan hal ini saya rasa harus segera mendapat perhatian serius, sehingga permasalahan kedepan dapat diminimalisir,” ujar Rompis. (mt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading