Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Komisi II Dekab Minsel, Hearing PT Maesa Nugraha dan Instansi Terkait

David Masengi   |   10 Oktober 2011 – 20:53 WITA

Amurang Today – Komisi II DPRD Minsel, Senin (10/10/2011) siang tadi telah memanggil hearing pihak PT Maesa Nugraha bersama instansi teknis guna mencari solusi terhadap kisruh pembongkaran aspal curah di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Mobongo, Amurang Barat.

Hearing yang dihadiri pihak PT Maesa Nugraha yakni Dirut, Dety Worek, bersama Kuasa Hukum Nootje Karamoy serta pihak Pemkab yakni Kadis DKP, Ir Arifin K Demak, pihak Kantor Lingkungan Hidup, Kabag Hukum Brando Tampemawa SH MH, Kepala PPI Vecky Mewengkang. Pihak PT Maesa Nugraha bersikeras jika mereka legal melakukan aktifitas di kawasan tersebut termasuk menggunakan PPI sebagai tempat membongkar aspal curah.

“Kami saat ini sudah memiliki kontrak kerja sama dengan pihak Pemkab yang di dalamnya mencantumkan soal penggunaan PPI,” ujar Worek sembari menegaskan jika pihaknya tetap akan beroperasi, bahkan dalam waktu dekat kapal pengangkut aspal curah akan masuk ke perairan Amurang.

Sayangnya, hearing yang sedianya mencarikan solusi terhadap kisruh yang sudah berkepanjangan tersebut, gagal menemukan solusi penyelesaian masalah, sebaliknya dua kubu saling klaim sebagai pihak yang benar. Worek bahkan mengakui jika pihaknya telah merugi hingga milyaran rupiah karena larangan penggunaan PPI tersebut.

Kepala PPI, Vecky Mewengkang sendiri terlihat sempat bersilang pendapat dengan Worek. Mewengkang mengatakan, PT Maesa Nugraha tidak bisa seenaknya memakai PPI untuk pembongkaran aspal apalagi adanya penegasan dari Dirjen di Kementerian Kelautan dan Perikanan soal larangan menggunakan PPI di luar aktifitas perikanan.

“Yang pasti kami hanya menjalankan aturan sebagaimana amanat undang-undang tentang perikanan,” tandas Mewengkang yang turut diiyakan Demak.

Pihak Komisi II sendiri berjanji akan mempelajari secara mendalam kasus ini.

“Kita juga akan turun lapangan untuk meninjau langsung lokasi PPI, dan nantinya akan kita lihat apakah akan mengeluarkan rekomendasi mengenai hal ini,” tukas Ketua Komisi II, Rommy Pondaag SH MH.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading