Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Komisi II DPR RI Kunjungi Kecamatan Tikala

Aldi Mawitjere   |   16 April 2012 – 22:33 WITA

Terkait Program Nasional e-KTP
MANADO, (manadotoday.com) – Komisi II DPR RI, Senin (16/4/2012) melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Tikala, Manado, Sulawesu Utara. Kunjungan kerja untuk melihat dari dekat sejauh mana pelaksanaan program nasional Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP di Kota Manado yang adalah pilet project di Indonesia.
“Kami komisi II membagi tiga tim dan mendatangi tiga daerah yang berbeda yakni Sulawesi Utara, Kalimatan Selatan dan Sumatera Selatan, untuk mengecek apakah terget waktu yang diatur dapat terpenuhi atau tidak. Nah, untuk Kota Manado sudah mencapai 90 persen. Jadi dengan demikian waktu yang tersisa ini bisa dicapai. Memang diharapkan per 1 Januari 2013 seluruh Indonesia harus memiliki e-KTP,”terang Ketua Komisi II DPR RI Agun Gunanjar.
Makanya, per 1 Januari 2013 itu, tidak akan mungkin lagi ada orang yang memiliki KTP ganda. Mengingat pemanfaatannya banyak karena berkenan dengan hak-hak pribadi orang yakni harta kekayaan, usaha, pajak, perbankan. Bahkan lebih penting buat daerah adalah menata perencanaan pembangunan untuk mensejahterakan rakyat.
“Jadi berapa jumlah real penduduk Indonesia itu tidak lagi karang-karang. Karena yang sering terjadi ketika berbicara data angka kemiskinan tiba-tiba turun artinya tidak ada yang mau mengaku miskin, namun giliran kita membicarakan peruntukan bantuan sosial jumlah penduduknya baik. Itu kadang-kadang menjadi problem kita di badan anggaran. Jadi kita ingin program e-KTP ini harus sukses,”jelasnya.
Dilain pihak pula data kependudukan ini sangat berpengaru terhadap data kepemiluan. Karena bagaimana bisa mengontrol hampir 500 ratus Kabupaten/Kota, sekian ribu Kecamatan dan sekian ribu Desa.
“Jadi kami berharap April ini, target 197 ribu yang belum tercapai bulan oktober lalu bisa tercapai. Dan di bulan Oktober mendatang seluruh Indonesia program pendataan sudah harus terselesaikan. Sehingga seluruh warga Indonesia yang sudah 17 tahun dan sudah menikah wajib memiliki KTP per 1 januari 2012,”urainya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading