Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Komoditas Unggulan di Kabupaten Gorontalo Terus Dikembangkan

Redaksi Manado Today   |   11 Oktober 2011 – 15:22 WITA

Manadotoday.com, Gorontalo – Pemerintah Kabupaten Gorontalo saat ini sedang mengembangkan komoditas unggulan daerah yang masih dalam perumusan kebijakan pembangunan daerah setempat.

Hal ini diungkapkan Bupati Kabupaten Gorontalo, David Bobihoe Akib, Selasa siang. Menurut Bobihoe, Kabupaten Gorontalo menyimpan banyak komoditas dan produk-produk unggulan yang jika dikembangkan, dipastikan akan mengangkat nama daerah.
Pemkab Gorontalo berusaha menangkap peluang dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, diantaranya kalangan akademisi, pengusaha dan pihak Perbankan. Komoditas unggulan seperti halnya di sektor pertanian, membutuhkan satu paket khusus jika serius untuk dikembangkan, apalagi bertujuan untuk ekspor.
Seperti halnya produksi buah pisang dan pepaya, yang sangat terkenal di Kecamatan Tibawa. Petani berharap, Pemerintah mampu memfasilitasi informasi terkait kualitas dan kuantitas produk tersebut. Dengan informasi yang seluas-luasnya kata Bupati, diharapkan produk dan jenis usaha di bidang pertanian, mampu menggandeng pihak swasta maupun Perbankan untuk prioritas pengembangannya. “Daerah akan maju, jika Pemerintah mampu mengakomodir kebutuhan masyarakatnya di berbagai sektor, seperti halnya di bidang pertanian,” Kata Bupati.
Lanjut kata dia, pengembangan komoditas dan produk unggulan daerah, dipastikan mampu mendukung pembanguan ekonomi, penciptaan lapangan kerja dan penyerapan tenaga kerja. Apalagi, jika produk unggulan daerah, sudah memiliki daya saing yang tinggi, maka perkembangannya akan terus meningkat. Saat ini, Pemerintah Kecamatan di daerah itu, diminta melakukan pendataan terkait potensi yang ada di setiap wilayah. Dengan begitu, pengembangan usaha mikro, komoditas, jenis usaha dan produk unggulan di seluruh sektor, akan terfokus maksimal. (ant/hma)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading