Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Konversi Minyak Tanah ke Gas Hemat APBN Rp 32 Triliun

Aldi Mawitjere   |   21 Desember 2011 – 10:19 WITA

Pingkan Sinjal SE MSi

Manado, MTC – Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Pemkot Manado, Pingkan Sinjal SE MSi, menyatatakan kebijakan konversi minyak tanah ke gas elpiji tak selamanya berdampat negatif. Pasalnya, dengan kebijakan tersebut memberikan keutungan bagi perekonomian bangsa yakni dapat menghemat Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sekitar Rp 32 Triliun setiap tahun.
Hanya saja program pemerintah pusat yang bertujuan untuk kepentingan bangsa itu perlu mendapat dukungan masyarakat. Selain menghemat APBN, penggunaan gas elpiji ini juga menurutnya sangat baik, lantaran elpiji lebih bersih apalagi ketersediaan gas dalam jumlah besar karena belum populernya gas sebagai alat bantu masak.
“Oleh karenanya, tujuan konversi minyak tanah ke gas elpiji sangat jelas yaitu menghemat pengeluaran anggaran publik sekaligus mengurangi tingkat polusi. Penggunaan elpiji sebagai bahan bakar dianggap relatif lebih bersih karena polusinya lebih ringan jika dibanding minyak tanah,” terangnya.
Disinggung soal penyaluran minyak tanah, kata Sinjal aman dan lancar. Bahkan untuk mengatasi kelangkaan minyak tanah mengimbangi kebutuhan masyarakat jelang natal, pihak pertamina sudah menyiapkan 75 ribu kiloliter untuk jatah operasi pasar.
Pembagian ini akan disalurkan ke seluruh kecamatan yang ada di kota Manado. “Untuk saat ini jatah operasi minyak tanah baru Rp 75 ribu kiloliter, namun kami akan kembali mengajukan usulan kepada pihak pertamina menambah 50 kiloliter lagi untuk disalurkan hingga akhir tahun 2011 ini,” tandasnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading