Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Kopra Sulut Tembus Rp 8.400 Per Kilogram

Redaksi Manado Today   |   8 April 2011 – 20:30 WITA

Manado Today – Harga kopra di tingkat petani di Sulawesi Utara dalam dua pekan terakhir mencapai Rp8.400 perkg dari sebulumhya Rp6.000/kg “Harga kopra mengalami kenaikan setiap hari, dua pekan lalu harga kopra sempat merosot di kisaran Rp6.000 per Kg, tetapi kemudian terus mengalami kontraksi positif dan saat ini sudah naik menjadi Rp8.400 per kg,” kata John, pembeli kopra di Desa Kembes, Kabupaten Minahasa, Sulut, Jumat.
Kenaikan harga kopra yang cukup tinggi tersebut berdampak positif pada petani kelapa di daerah ini sehingga semakin bergairah mengolah buah kelapa menjadi kopra.
“Kaget juga ketika harga kopra turun hingga Rp6.000 per Kg, tetapi setelah harga terus naik, banyak petani kembali mempercepat proses pengerjaan buah kelapa menjadi kopra,” kata Victor, salah satu petani kelapa Sulut.
Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Janny Rembet, mengatakan, kenaikan harga kopra menyusul semakin intensifnya penggunaan minyak kelapa sebagai pengganti bahan bakar minyak (BBM).
“Terus tingginya harga minyak mentah di pasaran memaksa beberapa negara mencari alternatif lebih murah, dan minyak kelapa yang merupakan hasil pengolahan dari kopra, menjadi salah satu pilihan mereka,” kata Janny.
Penggunaan minyak kelapa makin beragam, berdampak positif pada harga kopra di pasaran Manado yang naik mencapai harga tertinggi selama ini yakni Rp11.000 hingga Rp12.000 per kg beberapa waktu lalu.
Janny mengatakan, jika harga minyak di pasaran intersional terus bergerak naik, maka potensi harga kopra untuk terus menguat masih akan terjadi hingga beberapa waktu ke depan.

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading