Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Kota Bitung ‘Koleksi’ 1691 Rumah Kumuh

Aldy Monareh   |   2 April 2012 – 23:45 WITA

BITUNG, (manadotoday.com) – Meskipun Kota Bitung merupakan Kota Industri yang penghasilan per kapita Keluarga dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, namun ternyata saat ini masih terdapat 1691 Rumah Kumuh di Kota Bitung.
Dari data yang dihimpun manadotoday di Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Bitung dari 1691 Rumah kumuh yang tersebar di delapan Kecamatan, yang banyak terdapat rumah kumuh yakni Kecamatan Matuari sebanyak 396, diikuti oleh Lembeh Utara 321, Aertembaga 214, Ranowulu 199, Maesa 180, Girian 152, Lembeh Selatan 123, dan Maesa 97.
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Dra Rita Tumewu, kepada sejumlah wartawan, Senin (2/4/2012) mengungkapkan bahwa dilakukannya pendataan rumah kumuh oleh BPM Kota Bitung, sebagai tindaklanjut dari permintaan Gubernur Sulut Sinyo Harry Sarundajang (SHS) beberapa hari lalu, yang meminta agar BPMD Provinsi dan Kabupaten Kota dapat memfasilitasi pendataan rumah kumuh, guna mengetahui masyarakat miskin di Sulut termasuk di Kota Bitung.
”Pendataan ini didasarkan dari permintaan Gubernur dimana menurut Gubernur income perkapita naik, tapi masyarakat miskin tidak habis-habis. Dan pendataan ini dilakukan berdasarkan peninjauan lapangan yang disertai dengan dokumentasi foto,” ujarnya sembari menambahkan bahwa meskipun hingga kini pihaknya belum menerima surat resmi dari BPMD Provinsi namun pendataan rumah kumuh oleh BPM Bitung sudah dilakukan dan hasilnya akan disampaikan ke Walikota dan Wakil Walikota.
Ketika ditanya apakah warga yang menempati rumah kumuh akan mendapatkan bantuan dari pemerintah, Tumewu belum bisa memastikan.
”Saya belum mendapat informasi jika warga yang tinggal di rumah kumuh akan mendapat bantuan pemerintah. Dan jika ada nanti akan saya sampaikan,” tutup mantan Kepala Badan Keluarga Bencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKB PP) Kota Bitung ini. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading