Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Kota Manado Masih Koleksi Anak Gizi Buruk

Staff Manado Today   |   6 Juli 2011 – 14:18 WITA

Manado Today – Kota Manado ternyata masih memiliki sejumlah anak penderita gizi buruk, yang disebabkan dua hal yakni secara klinis adalah kekurangan asupan makanan yang bermutu akibat ketidak tahuan orang tua, sementara nonklinis adalah diakibatkan penyakit seperti Diare dan sebagainya.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Jaminan Kesehatan dan Pelayanan Umum Dinas Kesehatan Manado, Alexander Turangan, di Manado, Rabu (06/07/2011).

Dinas Kesehatan Manado bersama tim penggerak PKK dan elemen lainnya berupaya untuk mengurangi bahkan menghilangkan keadaan ini dengan program pemberian makanan tambahan kepada anak-anak, supaya kondisi mereka berubah dan bisa sembuh tumbuh sehat dan normal, kata Turangan.

“Sampai akhir Juni berdasarkan data yang ada pada kami dari laporan Puskesmas maupun petugas lapangan, masih ada anak tiga penderita gizi buruk yang sedang diupayakan penyembuhannya dari sebelumnya berjumlah 14 orang pada akhir Mei lalu dan 11 anak dinyatakan sudah sembuh sehat dan normal sekarang,” katanya.

Namun Turangan mengatakan, upaya peningkatakan gizi anak itu bukan hanya kewajiban Dinas Kesehatan, tetapi sudah lintas sektoral karena keadaan ini tercipta bukan tanpa sebab misalnya kemiskinan orang tua, pasangan menikah di usia muda tanpa bekal, ketidaktahuan orang tua dan masih banyak lagi.

Selama ini yang intensif melakukan kegiatan pemberian makanan tambahan adalah tim penggerak PKK Manado, dan hasilnya baik karena bisa menurunkan angka anak-anak kurang gizi di kota ini.

Salah satu kader kesehatan Manado Mercy Manaida mengatakan, mereka sudah mulai melakukan program pemberian makanan tambahan bagi balita yang ada di Posyandu mereka, bulan Juni kepada sejumlah anak dibantu tenaga kesehatan Puskesmas.

“Balita diberikan kacang hijau dan susu formula di Posyandu dan kegiatan ini masih akan dilaksanakan lagi di Posyandu dan kami berharap anak-anak yang kondisi tidak begitu baik bulan lalu, akan membaik lagi saat pertemuan berikut,” kata Mercy.

Pemberian makanan tambahan kepada Balita ini dilakukan pemerintah untuk mempercepat capaian akhir Millenium Development Goal’s (MDGs) menyelamatkan anak-anak dari kekurangan gizi menekan angka kematian bayi dan Balita.(ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading