Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Kota Tomohon Pilot Project Kamtibmas di Sulawesi Utara

Ardi Kalumata   |   15 Februari 2012 – 18:48 WITA
Wakapolri

Walikota Tomohon dan Wakapolri

Tomohon, (manadotoday.com)— Kota Tomohon akan menjadi Pilot Project Kamtibmas secara Mapalus di mana setiap kelurahan akan ditempatkan satu anggota Polri sebagai pengayom dan koordinator dalam menjaga dan memelihara keamanan dan kenyamanan dalam masyarakat.
Untuk itu, dalam kegiatan Launching Mapalus Kamtibmas yang dilaksanakan Rabu (15/2) di Aula Mapaluse Kantor Gubernur Sulawesi Utara oleh Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Nanan Sukarna, dilaksanakan penandatangan kesepakatan.
Ini ditandai dengan Penandatanganan oleh Walikota Tomohon mewakili Pemerintah Daerah, Kapolres Tomohon mewakili Kepolisian dan Dandim 1302 Minahasa mewakili TNI.
Kota Tomohon ditetapkan sebagai Pilot Project Mapalus Kamtibmas karena kesiapan personil dan pihak pemerintah Kota Tomohon, Pemerintah Kelurahan dan Linmas yang berjumlah 700 personil, pihak Polres melalui Babinkamtibmas satu orang di setiap kelurahan, pihak Kodim Minahasa melalui Babinsa.
Dalam sambutannya, Gubernur Sulawesi Utara Dr Sinyo H Sarundajang mengatakan bahwa budaya mapalus di Bumi Nyiur Melambai merupakan salah satu potensi dalam penyelesaian setiap persoalan.
Khusus di Sulut, masalah yang menonjol dalam tindakan melanggar hukum lebih dinominasi oleh penyalahgunaan MInuman Keras (Miras). ‘’Ya, program ini sangat pas dengan situasi dan kondisi di Sulawesi Utara, terutama dalam pengendaliannya,’’ kata gubernur.
Ditambahkan gubernur, program tersebut juga untuk menangkal kejahatan berskala besar terutama terorisme dan bagi setiap kelurahan, ia mengimbau untuk mengaktifkan Siskamling, melakukan kegiatan temu kenali setiap tamu di mana hal ini merupakan tugas bersama dengan masyarakat melalui aparat di tingkat kelurahan.
‘’Kami sangat berharap, program ini bisa mengeliminasi berkembangnya berbagai persoalan dalam masyarakat.
Selanjutnya Wakapolri Komjen nanan Sukarna dalam sambutannya menegaskan bahwa setiap persoalan dalam masyarakat tidak harus diselesaikan di pengadilan tetapi lewat musyawarah di tingkat kelurahan.
Dan untuk internal kepolisian, ia mengingatkan tentang peningkatan kinerja pihak kepolisian sebagaimana arahan Presiden RI untuk tahun 2012 ini ditetapkan sebagai tahun peningkatan kinerja kepolisian.
Pertemuan ini juga selain dihadiri walikota dan bupati juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten/Kota, Kapolres, Dandim, Kaban Kesbangpol Kabupaten/Kota, Camat, Kapolsek, Danramil dan sejumlah lurah se-Sulut. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading