Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

KPA Manado Salurkan 157 Ribu Kondom

Aldi Mawitjere   |   13 Oktober 2011 – 21:24 WITA

Manado Today – Guna menekan penyebaran virus HIV/AIDS, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Manado, telah menyalurkan 157 ribu kondom sampai triwulan terakhir ini. Hal tersebut diutarakan Pengelola Program KPA Kota Manado Ir Umar Mato, Kamis (13/10/2011).

“Kondom-kondom tersebut kami salurkan di tempat-tempat hiburan, hotel-hotel ST (Short Time) dan kepada mami-mami pengelola prostitusi.” jelasnya.

Penyaluran kondom tersebut menurutnya diiringi dengan sosialisasi agar kondom tersebut digunakan. “Sampai sejauh ini, hasil survey KPA, penggunaan kondom sudah cukup meningkat dibandingkan tahun sebelumnya,” tandasnya.

“Penggunaan kondom ini juga tidak hanya mencegah penyebaran HIV/AIDS tetapi juga untuk menghindari pelaku prostitusi dari Penyakit Menular Seksual (PMS) lainnya,” jelasnya.

Dengan adanya peningkatan penggunaan kondom di Manado, itu bertanda kesadaran masyarakat menghindarkan diri dari ancaman virus HIV/AIDS, sudah semakin tinggi.

Lebih lanjut Mato mengatakan, yang perlu dijaga saat ini yakni, pola balas dendam dari PSK yang positif, kemudian menularkan penyakit yang belum ada obatnya ini kepada orang lain.

“Ini menjadi tantangan kami dan KPA terus berupaya untuk bersosialisasi supaya tidak ada pola seperti itu,” pungkasnya.

Berdasarkan data dari KPA, sedikitnya 500 PSK yang beroperasi di Manado sedangkan kasus AIDS pertama kali menimpa orang Manado pada 1987 yakni salah seorang di Minahasa yang terjangkit saat bekerja di Jepang sebagai TKW.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading