Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

KPK Konsisten Bantu Pemkot Manado Cegah Korupsi

Aldi Mawitjere   |   4 Oktober 2011 – 22:30 WITA

Manado Peringkat 17 Dari 22 Kota di Indonesia

Manado Today – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tetap akan konsisten membantu mencegah korupsi. Hal ini diungkapkan staf Direktorat Pendidikan dan Pelayanan KPK masyarakat Harismoyo Retnohadi dalam sosialisasi pencegahan dan pemberantasan korupsi kepada jajaran Pemerintah Kota Manado, Selasa (04/10/2011) di ruang serbaguna kantor walikota.

“Kita tetap komitmen akan membantu Pemkot dalam pencegahan korupsi. Apalagi hasil survei tingkat korupsi 2010, Manado berada di peringkat 17 dari 22 kota yang disurvei di Indonesia,”ujar Retnohadi.

Menurut Retnohadi, korupsi adalah perilaku yang menyimpang pejabat public. Bukan hanya soal uang atau benda tetapi juga tidak menghargai waktu, karena dampaknya sangat berpengaruh terhadap pelayanan publik.

“Korupsi itu bisa terjadi di tiga sudut pandang yakni pertama tekanan, kedua peluang atau opportunity dan ketiga justifikasi atau rasionalisasi. Pengadaan barang dan jasa rentan terhadap korupsi, yang masuk kategori monopoli. Yang pasti semuanya untuk memperkaya diri sendiri,” tuturnya.

Karenanya, KPK aktif melakukan sosialisasi bukan semata-mata untuk penindakan tetapi untuk pencegahan agar nantinya aparat tidak tersandung persoalan hukum.

Lebih jauh dikatakannya, tingkat korupsi yang tinggi akan menyebabkan hasil kerja tidak baik, mengurangi pendapatan negara, dan membahayakan keutuhan negara. Pola umum korupsi itu mulai dari suap, ucapan terima kasih, komisi, pemerasan, nepotisme dan penggelapan.

“Ujung-ujungnya pencucian uang. Ini adalah mata rantainya yang terjadi karena orang yang korupsi akan mencuci uang, sebab didapat dengan cara yang tidak halal, karena itu seorang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK tidak akan dilepaskan, sebab pasti ada bukti kuat,” kata Retnohadi.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading