Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

KPPU Desak Pemprov Sulut Jaga Kestabilan Harga Pala dan Cengkih

Tonny Sumakul   |   3 Agustus 2012 – 22:28 WITA
Kunjungan KPPU Pusat di Sulut

Kunjungan KPPU Pusat di Pemprov Sulut

MANADO, (manadotoday.com) – Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU), mendesak Pemprov Sulawesi Utara (Sulut), untuk menjaga kestabilan harga dua komoditi andalan asal “Bumi Nyiur Melambai” yakni Pala dan Cengkih.

“Kami meminta agar Pemprov Sulut, untuk menjaga stabilnya harga Pala dan Cengkih, yang merupakan komoditi andalan asal Sulut,” tegas Ketua KPPU Pusat, Ir. Tadjudin Noer Said, saat melakukan kunjungan ke Pemprov Sulut yang diterima langsung Wakil Gubernur Dr. Djouhari Kansil MPd, Jumat (3/8).

Dijelaskan Tadjudin, harga Pala dan Cengkih itu, dinilai sering dipermainkan oleh para pengusaha (eksportir). Untuk itu, Pemprov Sulut wajib menjaga stabilnya harga dua komoditi itu, dan dapat berkolaborasi dengan KPPU.

“Kami akan bantu Pemda Sulut menjaga harga komoditi itu, sesuai fungsi tugas yang kami emban. Ini dimaksud, agar stabilitas harga Cengkih dan Pala tetap terjaga guna kesejahteraan para petani,” tukasnya.

Sementara itu, Wagub Kansil berterima kasih atas sumbangsi pemikiran dari KPPU Pusat, untuk kemajuan daerah ini. Kata Kansil, pertemuan ini akan ditindaklanjuti dengan berkoordinasi bersama para pelaku usaha di Sulut, dengan melibatkan KPPU.

“Ini untuk memberikan pemahaman yang jelas, terkait tanggung jawab pelaku usaha dan persaingan bisnis mereka,” terang Kansil.

Disampaikannya lagi, Pemprov Sulut juga, kini telah bekerjasama dengan Kanwil Pajak, terkati NPWP bagi pegusaha luar daerah, yang memiliki proyek di Sulut.

“NPWP itu, agar pajaknya harus di bayar di sini (Sulut,red). Selain itu, kami juga sementara memperjuangkan Judicial Reviw, untuk cukai cengkih ke pemerintah Pusat, sebab sekarang hanya ada cukai tembakaku,” tandasnya.

Sedangkan Kepala Biro Ekonomi Sulut Dr. Adry Manengkey SE, MSi, menyebutkan, pertemuan dengan KPPU itu, terkait juga membicarakan kantor baru KPPU di Sulut, yang pada dua tahun ini berkantor di Kantor Gubernur Sulut, dan kini sudah memiliki kantor baru di Kelurahan Wanea, Manado.

Diketahui, selain Ketua KPPU, hadir juga Sekjen KPPU Ir. Lilik Gani H.A. Ph.D dan Karo Humas dan Hukum KPPU AhmadJunaid, SH MH LLM.

Diketahui, untuk harga cengkih dipasaran saat ini, pada kisaran Rp. 82,833/kg. Sedangkan harga pala Rp 77.000 sampai Rp.78.000/kg. Untuk pala A dan pala AT Rp. 57.000 sampai Rp. 77.000/kg, pala B Rp. 45.000/kg. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading