Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

KPU Bitung Abaikan Gugatan Pargab

Redaksi Manado Today   |   11 November 2010 – 20:41 WITA

Bitung Today – KPU Bitung Melalui juru bicaranya Drs Frans Tular SH ternyata mengabaikan gugatan hukum Partai Gabungan atas nama Wilson Salindeho dan Salma Hasyim yang menggantikan Boy Rumawung dan Lukman Lamato. Inti gugatan itu adalah pengakomodiran pasangan calon usungan Pargab, sebagai peserta pilwako Bitung Desember mendatang.
” KPU Bitung dalam rapat pleno pada hari ini Kamis (11/11/10), setelah menerima secara resmi hasil gugatan Pargab  sehingga kami menyimpulkan dan memutuskan, menolak gugatan tersebut karena tidak mempunyai kekuatan hukum,” terang Tular.
Tular menjelaskan, ,pihaknya telah memberlakukan ketentuan sesuai mekanisme yang berlaku, dimana Partai Gabungan yang mengusung pasangan calon Rumawung-Lamato setelah diverifikasi tidak memenuhi syarat dukungan partai politik dan syarat admnistrasi, karena pada waktu memasukan syarat dukungan suara partai politik dalam Pileg 2009,sampai tahapan perbaikan dukungan pasangan ini hanya didukung oleh 6 ribuan suara,yang sesuai ketentuan harus didukung dengan 13.888 suara parpol dalam pileg 2009, sehingga secara otomatis gugur dalam pencalonannya sebagai calon walikota dan wawali Bitung, dan tidak diperkenakan lagi mengganti pasangan calon.
” Memang KPU menerima calon pengganti yang diusulkan Pargab,namun pada intinya Partai Gabungan sudah tidak bisa lagi mengusung atau mengganti pasangan calon karena tidak memenuhi syarat dukungan dan administrasi sesuai ketentuan yang diberlakukan KPU,” katanya. 
Ditambahkannya bahwa gugatan yang dilayangkan Pargab tidak akan menggangu jalannya tahapan KPU Bitung yang telah berlangsung.
” Tahapan pemilukada akan terus berjalan sesuai dengan jadwal tahapan,karena gugatan pargab tidak akan mempengaruhi tahapan pemilukada,” tandasnya menambahkan jika pengadilan akan memenangkan gugatan Pargab KPU Bitung akan melakukan banding.
Diketahui pasangan calon partai Gabungan atas nama Wilson Salindeho-Salma Hasyim, pasangan calon pengganti Boy Rumawung-Lukman Lamato menggugat KPU Bitung sekaligus meminta KPU menunda tahapan pemilukada, karena tidak diakomodir sebagai calon walikota dan wawali Bitung oleh KPU karena tidak memenuhi syarat dukungan dan syarat administrasi. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading